alexametrics

Elton John Gelontorkan Ratusan Miliar Bantu Korban HIV/AIDS

loading...
Elton John Gelontorkan Ratusan Miliar Bantu Korban HIV/AIDS
Elton John menyumbangkan ratusan miliaran rupiah uangnya untuk penanganan penyakit HIV/AIDS. FOTO/nrp.org
A+ A-
MEMILIKI kekayaan hingga triliunan membuat Elton John justru menjadi pribadi yang amat dermawan. Bahkan, dia bersama penulis JK Rowling dinobatkan sebagai selebritas paling murah hati di Inggris. Keduanya tidak ragu menyumbangkan keuntungan yang diperoleh untuk keperluan amal.

John menyumbang tidak kurang dari Rp51 miliar untuk kebutuhan anak pada 2015. Kebanyakan untuk Yayasan AIDS di Inggris dan Amerika Serikat yang dia dirikan. Sir Elton John menuturkan bahwa dia telah banyak melihat teman-temannya meninggal akibat HIV/AIDS. Inilah yang membuat dia kemudian mendirikan Elton John AIDS Foundation (EJAF) pada 1992.

Selain itu, setiap tahun musisi legendaris itu membuka rumahnya dan mengundang ratusan selebritas dan tamu lainnya dalam acara bertajuk White Tie and Tiara. Ini adalah acara yang diadakan untuk mengumpulkan donasi bagi yayasan yang Elton dirikan. "Saya sudah kehilangan banyak sahabat karena penyakit ini (HIV/AIDS). Pada 1980-an, saya mulai mengumpulkan donasi bagi penelitian AIDS dan menyediakan layanan vital bagi penderita HIV/AIDS," tutur Elton di situs resmi EJAF.

Sejak berdirinya, EJAF telah menggalang dana lebih dari Rp1,7 triliun untuk mendukung program di lebih dari 55 negara di penjuru dunia lewat kampanye pencegahan, edukasi, dan eliminasi pandangan negatif terkait penderita HIV/AIDS, sekaligus memberikan layanan bagi pasien penyakit tersebut. Elton John bahkan meluncurkan buku berjudul Love is the Cure-On Life, Loss and the End of AIDS yang dipublikasikan di Amerika Serikat dan Inggris.



Penyanyi fenomenal ini juga memberikan donasi amat besar dari koceknya sendiri. Pada 2004, dia mendonasikan lebih dari Rp591 miliar kepada berbagai organisasi di seluruh dunia. Hal itu sekaligus membuatnya menjadi figur yang sangat dermawan di bidang musik pada tahun itu. Gelar ini tersemat padanya dari tahun ke tahun. Pada 2008, dia menyumbang 120 motornya kepada Lesotho, sebuah negara di Afrika bagian selatan untuk digunakan para dokter dan perawat di sana yang ingin mengunjungi pasien di daerah terpencil.

Dia juga pernah berkontribusi menyumbang Rp550 miliar dari penjualan single Candle in the Wind , sebuah single yang dia persembahkan untuk mendiang Putri Diana pada 1997.

(Baca juga: Elton John, Musisi Triliuner yang Dermawan)
(amm)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak