alexametrics

Menariknya Wisata Edukasi dan Sejarah di Batam

loading...
Menariknya Wisata Edukasi dan Sejarah di Batam
Di Batam, Anda tak hanya dapat menikmati keindahan alam lewat pantai-pantai yang tersebar di pelosok wilayahnya. Beberapa tempat ternyata menyimpan sejarah tersendiri. Foto/batambandit.com
A+ A-
BERWISATA pastinya identik dengan senang-senang. Pengalaman berkunjung ke tempat baru selalu meninggalkan memori mendalam bagi siapa saja. Namun, berwisata sambil menyimak cerita yang melatarbelakangi suatu tempat bisa memperkaya wawasan Anda. Pulang berlibur pun Anda tak sekadar membawa oleh-oleh, tetapi juga pengetahuan baru.

Di Batam, Anda tak hanya dapat menikmati keindahan alam lewat pantai-pantai yang tersebar di pelosok wilayahnya. Beberapa tempat ternyata menyimpan sejarah tersendiri. Ada pula yang menyajikan edukasi bagi pengunjungnya. Mana sajakah tempat tersebut?

1. Kampung Vietnam
Disebut demikian karena dulunya kampung ini merupakan tempat pengungsian rakyat Vietnam akibat Perang Vietnam. Mereka datang ke Pulau Galang dengan menggunakan perahu, sehingga dikenal sebagai manusia perahu.

Setelah bertahun-tahun, suasana perkampungan ini tak berubah banyak meski sudah ditinggalkan oleh penghuninya. Wisatawan pun sering berdatangan untuk menelisik lebih jauh kisah manusia perahu ini di tempat penampungan sementaranya.

2. Hutan Wisata Mata Kucing
Wisatawan bisa melihat hewan-hewan dari dekat di hutan wisata ini. Selain itu, koleksi flora yang ditawarkan juga cukup menarik. Terletak di Taman Bukit Golf, Sekupang, di sini Anda bisa mengenalkan anak pada tumbuhan yang ada di hutan serta hewan yang tinggal di dalamnya.

3. Kebun Raya Batam
Meskipun belum beroperasi penuh, Kebun Raya Batam di Nongsa mulai mencuri perhatian wisatawan. Saat ini, sebuah taman tematik dengan warna-warni menarik sudah menghiasi area depan KRB. Selain itu, terdapat pula danau buatan yang sudah selesai dibuat. Kelak KRB akan menjadi etalase tanaman khas wilayah Kepulauan Riau.

4. Golden City
Tempat ini merupakan tujuan wisata edukasi terkenal di Batam. Ada Taman Mini Indonesia Indah, yang menampilkan miniatur rumah adat Indonesia. Bagi penggemar kegiatan outdoor, Anda bisa bermain go-kart, ATV, paint ball, dan area khusus untuk permainan team building.

Salah satu atraksi terbaru Golden City adalah The Illusion, museum dan studio trick art, trick eye, 3D-art, serta perspective room. Anda bisa berfoto dengan latar gambar tipuan mata yang menarik!

5. Masjid dan Kapal Laksmana Cheng Ho
Masih sekawasan dengan Golden City, Masjid dan Kapal Laksmana Cheng Ho adalah tiruan masjid serupa di Surabaya. Pemilik Golden Prawn sengaja mendirikan bangunan ini untuk memperingati sejarah perjalanan Laksmana Cheng Ho ke Indonesia dalam menyebarluaskan agama Islam. Meski ukurannya lebih kecil daripada masjid yang di Surabaya, ornamen-ornamen penghias masjid tersebut kental dengan unsur budaya Tionghoa sehingga menjadikannya unik.

6. Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage
Sebetulnya ini sebuah vihara, tetapi letaknya yang berada di atas bukit di Pulau Rempang menghadirkan panorama luar biasa. Selain vihara, terdapat sebuah patung Buddha berwarna putih yang berdiri tegak ke arah vihara. Berkunjung ke sini sama dengan mempraktikkan toleransi beragama, karena Anda harus menghormati tata cara yang berlaku. Sekalipun terbuka untuk pengunjung umum, Anda tetap harus selalu menjaga ketenangan dan kebersihan tempat tersebut.

Menelusuri jejak sejarah dan belajar mengenal Batam lebih menyenangkan jika berlangsung lebih dari satu hari. Supaya Anda puas jalan-jalan di Batam, maka Anda wajib mencari hotel murah di Batam dengan aplikasi Airy Rooms.

Meskipun murah, setiap kamar yang tergabung dalam jaringan hotel terbesar di Indonesia ini punya 7 fasilitas andalan di setiap kamar. Anda bisa mendapatkan tempat tidur bersih, AC, perlengkapan mandi, air hangat, air minum gratis, TV, dan akses WiFi gratis.

Menariknya Wisata Edukasi dan Sejarah di Batam
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak