Wanita Lebih Bahagia jika Nikahi Pria yang Lebih Muda, dari Psikologis hingga Seksual

Selasa, 02 Januari 2024 - 23:47 WIB
loading...
Wanita Lebih Bahagia jika Nikahi Pria yang Lebih Muda, dari Psikologis hingga Seksual
Ternyata wanita jauh lebih bahagia jika menikahi pria lebih muda. Efek berondong? Foto/ nypost
A A A
JAKARTA - Ternyata wanita jauh lebih bahagia jika menikahi pria lebih muda. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan peneliti Inggris dari London Metropolitan University. Efek berondong?

Dikutip NY Post pada Selasa (2/1/2024), survei yang dipublikasikan dalam jurnal "Sexual and Relationship Therapy" menyebut bahwa wanita jauh lebih bahagia dari segi psikologis dan seksual dibandingkan wanita-wanita yang menikahi pria sebaya.



Temuan itu justru membantah asumsi banyak orang bahwa menikahi pasangan pria yang lebih muda justru jadi sumber petaka. Banyak yang mengira punya suami atau pacar pria yang lebih muda justru hanya akan menyenangkan secara fisik namun hambar secara hubungan emosional.

"Studi ini menguji keabsahan prasangka bahwa wanita yang menjalin hubungan dengan laki-laki yang lebih muda kurang memuaskan atau tidak sukses dibandingkan mereka yang menjalin hubungan dengan usia yang sama,” kata Samantha Banbury, peneliti dari London Metropolitan University.

Dia melanjutkan penelitian yang mereka lakukan cukup penting karena saat ini belum ada riset mengenai hubungan dengan usia yang berbeda terutama pada wanita yang berkencan dengan pria yang lebih muda.

Penelitian itu disebutkan NY Post melibatkan 24 wanita. Sebanyak 17 responden adalah wanita yang sudah matang dari segi usia dan karier. Mereka juga merupakan kelompok wanita yang tengah menjalin hubungan rumah tangga atau berpacaran dengan pria yang usianya tujuh hingga sepuluh tahun lebih muda.

Sisanya, tujuh responden, merupakan wanita dari kelompok usia yang sama serta mapan dari segi ekonomi. Bedanya tujuh wanita ini memiliki hubungan rumah tangga atau berpacaran dengan pria yang usianya sama dengan responden.

Dalam penelitian setiap wanita menjalani tes Emotional Intelligence (EI), Sexual Self-efficacy (SSE) atau Efikasi Diri dan Perilaku Seksual, serta Subjective Happiness (SH).

Efikasi diri dan perilaku seksual diketahui berkaitan dengan kepercayaan diri dan kepuasan seksual. Kecerdasan emosional di sisi lain digambarkan sebagai kemampuan untuk memahami dan mengekspresikan emosi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2778 seconds (0.1#10.140)