Kalah Banding Gugatan, Tao Bakal Dipaksa Balik ke EXO?

Selasa, 20 Maret 2018 - 15:30 WIB
Kalah Banding Gugatan, Tao Bakal Dipaksa Balik ke EXO?
Kalah Banding Gugatan, Tao Bakal Dipaksa Balik ke EXO?
A A A
SEOUL - Pupus sudah harapan Tao untuk bisa memenangkan gugatan yang dia layangkan ke SM Entertainment. Dalam sidang terakhir, Mahkamah Agung menolak banding mantan personel EXO itu terhadap bekas agensi yang menaunginya.

Sebelumnya, Tao melayangkan gugatan terhadap SM Entertainment atas perkara kontrak eksklusifnya yang dinilai bermasalah, baik dalam pembagian keuntungan dan diskriminasi. Kedua belah pihak sudah disarankan untuk berekonsiliasi, upaya tersebut gagal.

Dalam sidang pertama pada April tahun lalu, pengadilan menolak gugatan tersebut. Tao kemudian naik banding. Tapi, upaya itu sia-sia karena dalam sidang pada 15 Maret lalu, Mahkamah Agung memutuskan, kontrak yang diterima Tao itu valid.

“Dengan keputusan ini, Mahkamah Agung mengumumkan kontrak eksklusif antara SM dan Tao itu valid. Sikap pihak Tao yang menegaskan ketidakvalidan dan masalah dengan kontrak eksklusifnya sudah ditolak pada sidang pertama pada 1 April 2017, banding pada Oktober dan banding akhir dengan Mahkamah Agung, yang menutup kasus ini. Sudah jelas bahwa kontrak eksklusif antara SM dan Tao itu valid dan harus diikuti. SM menyambut putusan pengadilan dan seperti yang telah kami lakukan sampai saat ini, kami akan bekerja keras sehingga budaya menaati kontrak dan mempertahankan kepercayaan itu akan mengakar di perkembangan industri hiburan Asia,” ungkap SM Entertainment dalam sebuah pernyataan yang dikutip Soompi.

Keputusan ini jelas menimbulkan masalah baru bagi Tao yang tiba-tiba memutuskan hengkang dari EXO pada 2015 silam. Setelah meninggalkan EXO tanpa pemberitahuan, dia meminta pembayaran sementara dari SM.

Agensi itu pun menurutinya. Sayangnya, Tao tidak mengembalikan uang itu pada waktu yang telah ditentukan. Dia malah mengajukan gugatan ke pengadilan Korsel untuk membatalkan kontraknya dengan SM. Tapi, pengadilan China memutuskan bahwa Tao telah melanggar hukum dan tidak menepati janji.

Kekalahan Tao di pengadilan itu memungkinkannya harus membayar semua utangnya kepada SM Entertainment. Jika pria bernama asli Huang Zitao ini menolak membayar, maka dia pun kemungkinan dipaksa kembali ke EXO.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5168 seconds (0.1#10.140)