Debat Capres 7 Januari 2024: Tema, Moderator, hingga Nama Panelis

Minggu, 07 Januari 2024 - 02:47 WIB
loading...
Debat Capres 7 Januari 2024: Tema, Moderator, hingga Nama Panelis
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan saat tampil dalam debat capres 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Debat capres akan kembali digelar pada Minggu, 7 Januari 2024 malam ini. Debat kedua bagi para calon presiden (capres) ini akan digelar di Istora Senayan , Jakarta.

Diketahui, debat hari ini merupakan debat ketiga Pilpres 2024. Debat sebelumnya dilaksanakan pada 12 Desember 2023 yakni debat capres. Kemudian pada 22 Desember 2023 dilaksanakan debat calon wakil presiden (cawapres). Setelah debat ketiga hari ini, debat berikutnya digelar pada 21 Januari 2024 (debat cawapres) dan 4 Februari 2024 (debat capres).

Debat capres pada hari ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta. Istora Senayan terletak di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Jadi untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2024 bertempat di Istora, tempatnya di Istora Senayan," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) August Mellaz, Rabu (3/1/2024).

Tema


Pada debat ketiga Pilpres 2024, ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan berdebat antara lain seputar tema pertahanan dan keamanan (hankam).

"Kemarin kan posisinya empat tema. Nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri," jelas Mellaz.

Moderator


Debat capres kali ini juga akan dipandu oleh dua orang moderator. Adapun yang bakal menjadi moderator adalah jurnalis dari MNC Group yakni Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi .



KPU menambah stasiun televisi penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar hari ini. Sebelumnya, stasiun televisi penyelenggara debat ketiga berasal dari dari MNC Group yakni RCTI, Global TV, iNews, dan MNC TV.

"Untuk TV penyelenggara MNC Group dan ditambah support dari Garuda TV," ujar Komisioner KPU August Mellaz di Media Center KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Panelis


Beberapa hari lalu, KPU merilis 11 nama tokoh yang akan menjadi panelis dalam debat capres kali ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan. Berikut ini daftar panelisnya:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)
2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)
4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)
6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina) 7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)
8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)
9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)
10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)
11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)