6 Rekomendasi Spot Sunrise di Gunungkidul yang Instagramable

Senin, 08 Januari 2024 - 09:39 WIB
loading...
6 Rekomendasi Spot Sunrise di Gunungkidul yang Instagramable
6 Rekomendasi Spot Sunrise di Gunungkidul yang Instagramable
A A A
GUNUNGKIDUL - Spot sunrise di Gunungkidul menjadi destinasi wisata populer bagi mereka yang ingin menikmati momen matahari terbit. Di Indonesia, ada begitu banyak tempat yang menawarkan pemandangan sunrise nan indah. Salah satunya ada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Gunungkidul terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk pantai-pantai yang eksotis. Namun, tak hanya pantai, Gunungkidul juga memiliki beberapa spot sunrise yang tak kalah indah.

Rekomendasi Spot Sunrise di Gunungkidul yang Wajib Anda Kunjungi

1. Gunung Ireng

Rekomendasi spot untuk melihat sunrise di Gunungkidul yang pertama adalah Gunung Ireng. Kawasan wisata ini merupakan salah satu spot sunrise paling populer karena jarak tempuhnya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta, yakni sekitar 25 kilometer. Gunung Ireng hanya memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Sehingga, dari puncak Gunung Ireng, Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.


2. Pantai Indrayanti

Spot sunrise populer lain yang ada di Gunungkidul adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini menawarkan pemandangan sunrise yang indah serta pemandangan laut biru nan memukau. Dengan air laut jernih dan pasir yang lembut, pantai ini sangat cocok dijadikan latar belakang yang estetik untuk berswafoto. Selain itu, pantai ini letaknya tidak jauh dari deretan pantai yang tak kalah cantik lain, yaitu Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong.

3. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit juga merupakan salah satu spot sunrise yang populer di Gunungkidul. Lokasi bukit ini terletak di Dusun Watugupit, Kecamatan Purwosari. Keunikan bukit ini terletak pada posisinya yang berada di tepi Pantai Parangtritis, sehingga wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dari ketinggian sambil menikmati pemandangan Pantai Parangtritis yang indah dan menenangkan di pagi hari.

4. Pantai Siung

Pantai Siung adalah pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini menawarkan pemandangan sunrise yang indah, sekaligus pemandangan keindahan laut yang dipadukan dengan tebing, batu karang, dan perbukitan yang dapat memanjakan mata para pengunjung. Untuk menikmati sunrise di Pantai Siung, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 77 km dari Kota Yogyakarta atau dapat ditempuh sekitar 2-3 jam.


5. Stone Park Turunan

Rekomendasi spot untuk melihat sunrise selanjutnya adalah Stone Park Turunan yang menawarkan pemandangan alam nan indah, dengan hamparan perbukitan yang hijau dan lembah Sungai Oya yang berkelok-kelok. Salah satu daya tarik utama Stone Park Turunan adalah pemandangan matahari terbitnya yang menakjubkan. Di pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit di atas lereng bukit yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Pemandangan ini akan membuat pengunjung merasa seolah-olah berada di atas awan.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya yang unik dan eksotis. Keindahan pantai ini terletak pada tebing-tebing batu yang menjulang tinggi di sisi timur dan baratnya dan akan semakin indah ketika sunrise tiba. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit sambil duduk di tebing dengan disertai beragam fasilitas seperti pura, warung kuliner, spot foto yang estetik, area parkir, toilet, hingga mushola. Pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Itulah 6 rekomendasi spot sunrise di Gunungkidul yang bisa Anda kunjungi. Jika berencana mengunjungi Gunungkidul, jangan lupa menyempatkan diri untuk menyaksikan keindahan sunrise di salah satu tempat tersebut. MG/Dinda Amelia Putri
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)