Penyebab dan Cara Mencegah Infeksi Kulit, Jaga Kebersihan Pakaian hingga Vaksinasi

Senin, 08 Januari 2024 - 16:41 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mencegah Infeksi Kulit, Jaga Kebersihan Pakaian hingga Vaksinasi
Cara mencegah infeksi kulit perlu diketahui sebelum semakin parah. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Sebelum semakin parah, ketahui cara mencegah infeksi kulit . Tak hanya menjaga kebersihan tubuh dan pakaian, bila perlu lakukan pertolongan medis dengan cara vaksinasi.

Infeksi kulit adalah gangguan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Infeksi kulit bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Seseorang pengidap dapat mengalami gejala yang beragam, dalam intensitas ringan hingga berat. Selain itu, kulit yang terlihat buruk akibat infeksi juga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Infeksi kulit disebabkan karena serangan virus seperti virus herpes, human papillomavirus, dan poxvirus, contohnya penyakit cacar air, herpes zoster, campak, dan kutil. Infeksi juga bisa terjadi karena tubuh terjangkit bakteri seperti bisul, impetigo, selulitis dan kusta.

Waspadai pula tumbuhnya jamur di kulit seperti kurap, ruam popok dan panu. Sementara parasit seperti skabies, kutu rambut, kutu kemaluan dan cutaneous larva migrans wajib dibasmi sebelum menginfeksi kulit lebih parah.

Untuk mencegah infeksi kulit, Anda dapat melakukan beberapa upaya berikut:

Cara Mencegah Infeksi Kulit

- Rutin mencuci tangan dengan sabun, cairan antiseptik dan air mengalir.
- Mandi dua kali sehari dan tidak memakai baju yang sama berulang kali tanpa dicuci.
- Jaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap.
- Rawat luka dengan baik atau sesuai anjuran dokter.
- Jaga kebersihan pakaian, kaos kaki, dan sepatu.
- Segera ganti pakaian jika sudah terasa lembap karena berkeringat.
- Hindari mengenakan pakaian atau sepatu yang ketat.
- Hindari kontak dengan orang atau hewan yang menderita infeksi kulit.
- Hindari berbagi pakai barang-barang pribadi dengan orang lain.
- Keringkan badan setelah mandi atau berenang sebelum mengenakan pakaian.
- Lakukan vaksinasi untuk mengurangi risiko terkena infeksi kulit akibat virus.

Bila mengalami infeksi kulit yang sudah cukup lama, segera lakukan pengobatan. Hindari menggaruk area infeksi karena dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, gunakan kompres dingin dan membasuh kulit yang mengalami iritasi dengan cairan antiseptik .

Jangan lupa untuk penuhi asupan nutrisi dan gizi agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik dan kondisi infeksi kulit dapat segera membaik.

Itulah penyebab dan cara mencegah infeksi kulit. Dapatkan produk perawatan kulit dan kesehatan lengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)