Apakah Kolesterol Tinggi Dapat Menyebabkan Kesemutan?

Selasa, 09 Januari 2024 - 15:28 WIB
loading...
Apakah Kolesterol Tinggi Dapat Menyebabkan Kesemutan?
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kesemutan yang umumnya terjadi terus-menerus. Hal ini terkait beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan kesemutan. Foto/QC Kinetix
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kesemutan yang umumnya terjadi terus-menerus. Meskipun kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apa pun, hal ini biasanya terkait dengan beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan kesemutan.

Dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (9/1/2024) kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pada penderita diabetes tipe 2 mengalami peningkatan trigliserida, penurunan kolesterol baik, dan kolesterol jahat lebih tinggi.

“Karbohidrat olahan dan sirup gula telah terbukti meningkatkan kolesterol jahat dan trigliserida serta menurunkan kadar kolesterol baik,” kata Tricia Pingel, NMD, seorang dokter naturopati di Phoenix, AZ.



Apakah Kolesterol Tinggi Dapat Menyebabkan Kesemutan?

Foto/Infografis SINDOnews

“Selain itu, pola makan tinggi gula juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan mengganggu pemanfaatan insulin," sambungnya.

Di sisi lain, diabetes dapat menyebabkan kondisi yang disebut neuropati perifer. Ini adalah masalah saraf umum yang menyebabkan mati rasa seperti sensasi kesemutan dan sering terlihat di tangan dan kaki, meski bisa mempengaruhi area lain.

“Kolesterol tidak memiliki gejala,” jelas Robert Greenfield, MD, ahli jantung bersertifikat, ahli lipidologi, dan penyakit dalam di MemorialCare Heart & Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, CA.

Oleh karena itu, kolesterol tinggi saja tidak bisa menjadi penyebab kesemutan. “Tetapi konsekuensi jangka panjang dari kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit arteri dapat mengakibatkan gejala-gejala ini," ujar Greenfield.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)