5 Tips Hilangkan Dark Circle di Bawah Mata dengan Bahan Alami

Rabu, 10 Januari 2024 - 07:50 WIB
loading...
5 Tips Hilangkan Dark Circle di Bawah Mata dengan Bahan Alami
Tips menghilangkan dark circle di bawah mata menggunakan bahan alami sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tips menghilangkan dark circle atau lingkaran hitam di bawah mata menggunakan bahan alami sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, dark circle ini memang sangat mengganggu penampilan.

Sebenarnya saat ini sudah ada banyak sekali perawatan kecantikan profesional yang bisa menghilangkan dark circle di bawah mata. Namun, tentu tidak semuanya bisa menjamin benar-benar aman. Maka, perawatan menggunakan bahan alami merupakan kunci terbaik dan teraman untuk menghilangkan dark circle.

Mengutip dari Pharm Easy, Rabu (10/1/2024), berikut lima tips menghilangkan dark circle di bawah mata memakai bahan alami.


1. Susu Dingin

Susu dingin merupakan pembersih alami untuk mata dan dikenal dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata sekaligus menenangkan kulit sensitif di sekitar mata.

Susu dingin mengandung asam laktat yang tidak hanya membantu mengurangi bengkak, tetapi juga mencerahkan kulit. Selain itu, potasium dalam susu memungkinkan kulit tetap terhidrasi dengan baik, membuat kulit lebih lembut dan kenyal.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkan bola kapas ke dalam susu dingin dan oleskan pada area mata. Diamkan beberapa saat lalu bilas mata dengan air dingin. Ulangi setidaknya tiga kali seminggu.

2. Kentang atau Mentimun Parut

Sejauh ini, kentang dan mentimun parut adalah pengobatan rumahan yang paling efektif untuk hilangkan lingkaran hitam. Bahan pangan tersebut juga membantu mengurangi bengkak di sekitar area mata. Vitamin, antioksidan, dan sifat antiinflamasi dari sayuran pendingin itu membantu mengurangi peradangan di sekitar mata sekaligus membantu mencegah penggelapan.

Cara penggunaannya, pertama-tama parut beberapa kentang atau mentimun mentah, kemudian letakkan potongannya di mata Anda. Santai dan keluarkan setelah 10-12 menit.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengekstrak jus kentang atau mentimun. Ambil bola kapas, rendam dalam jus, dan letakkan di atas mata. Pastikan seluruh area di sekitar lingkaran hitam tertutup. Biarkan selama 1-3 menit dan bilas dengan air dingin. Jika terdesak waktu, Anda juga bisa langsung menempelkan irisan mentimun atau kentang ke mata.

3. Kantong Teh Dingin

Salah satu cara paling efektif dan mudah untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata adalah dengan menggunakan kantong teh dingin. Sebaiknya, saat mempelajari cara menghilangkan lingkaran hitam, gunakan teh hijau atau teh celup chamomile untuk hasil yang cepat. Diperkirakan bahwa sisa kafein membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah dan membantu meringankan lingkaran hitam.

Untuk penggunaannya, rendam kantong dalam air dan dinginkan di lemari es. Keluarkan dari lemari es dan letakkan perlahan di bagian bawah kedua mata Anda selama 10 hingga 15 menit. Ulangi secara teratur.


4 . Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah pelembab yang efektif. Kulit yang dilembabkan cenderung tidak kendur dan akan tetap sehat lebih lama. Selain itu, lidah buaya juga membantu menutrisi kulit, mencegah penuaan dini.

Sebelum beraktivitas, coba oleskan perlahan gel aloe vera di bawah mata dan pijat selama 5-7 menit. Jangan bilas kecuali Anda merasa lengket dan tidak nyaman.

5. Minyak Almond dan Jus Lemon

Obat lain yang telah dicoba dan diuji untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata adalah dengan mencampurkan minyak almond dan jus lemon. Komponen aktif jus lemon adalah asam askorbat, bersama dengan nutrisi lainnya membantu mengurangi retensi air yang dapat menyebabkan lingkaran bengkak di sekitar mata.

Bahan campuran ini juga mempunyai efek memutihkan yang ringan, namun bila digunakan tanpa dilarutkan dapat menimbulkan efek sebaliknya dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Jadi selalu gunakan dengan hati-hati ya!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3856 seconds (0.1#10.140)