Makan Bakso, Yuk? Begini Tips Mudah Membuatnya

Sabtu, 07 April 2018 - 18:29 WIB
Makan Bakso, Yuk? Begini Tips Mudah Membuatnya
Makan Bakso, Yuk? Begini Tips Mudah Membuatnya
A A A
JAKARTA - Perpaduan kenyalnya daging, gurihnya kaldu dan pelengkap lainnya, seperti mi hingga sambal membuat bakso menjadi pilihan yang menggugah selera di malam minggu ini.

Menu yang satu ini memang selalu menjadi pilihan di setiap waktu makan. Di Indonesia, bakso hadir dengan ragam bentuk dan isian. Tak hanya berisi daging, beberapa kedai bakso menawarkan bakso dengan isian telur, sosis, cabai, sambal hingga keju.

Bentuk bakso juga mengalami inovasi. Tak lagi bulat, ada yang berbentuk hati, kerucut hingga barbel. Anda pun bisa mengkreasikannya di rumah. Berikut resep membuat bakso yang lezat seperti dikutip Cookpad.

Bahan - bahan:
350 g daging sapi cincang
150 g daging ayam cincang
6 sdm tepung tapioka
1 butir telur ayam
50 cc es batu atau kaldu ayam beku

Bumbu - bumbu:
1 sdt soda kue
1 sdm bawang goreng
1 sdm garam
1 sdm merica
1/2 sdm penyedap jamur

Isi bakso:
Telur puyuh atau telur ayam rebus
Tahu tumbuk bawang putih
Cabe rawit
Bawang putih

Taburan:

Bawang goreng
Daun bawang
Seledri

Sambal:
30 buah cabe rawit, rebus (sesuai selera)
Secukupnya garam

Cara membuat:
Gabungkan daging sapi cincang dan daging ayam cincang ke dalam food processor. Giling hingga halus dan rata. Sisihkan. Masukan bumbu-bumbu ke dalam food processor lalu hancurkan sampai rata. Masukkan ke dalam gilingan daging.

Masukan tepung tapioka dan telur ke dalam adonan daging dan tambahkan es batu. Es batu bertujuan membuat daging tetap dingin dan tidak begitu lengket. Aduk campuran tadi dengan tangan hingga rata. Es batu biarkan utuh dan ikut bergulung dalam adonan daging agar semua bagian daging dingin.

Panaskan air matang sampai mendidih. Bentuk adonan menggunakan tangan dengan cara diremas antara ibu jari dan jari lain. Tambahkan isian bakso sesuai selera. Masukan bakso ke dalam air mendidih sampai bakso mengapung 2/3 nya. Tiriskan.

Buat kuah bakso, dengan rebusan tulang atau dengan bumbu instan baso kuah. Rebus kembali bakso.

Buat sambal dengan bahan sambal lalu giling. Tambahkan sedikit air. Tambahkan mi atau soun atau bihun. Taburkan bawang goreng, seledri atau bawang daun dan sambal sesuai selera. Bakso siap disajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4196 seconds (0.1#10.140)