6 Rekomendasi Tanaman yang Bikin Rumah Nyaman

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:56 WIB
loading...
6 Rekomendasi Tanaman yang Bikin Rumah Nyaman
Tanaman yang bikin rumah nyaman tidak hanya memberikan sentuhan estetika pada hunian, tetapi juga memiliki peran penting dalam menciptakan keseimbangan ekosistem di dalamnya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Tanaman yang bikin rumah nyaman tidak hanya memberikan sentuhan estetika pada hunian, tetapi juga memiliki peran penting dalam menciptakan keseimbangan ekosistem di dalamnya. Tanaman memiliki kemampuan unik untuk menyaring udara, menghasilkan oksigen, serta menyerap polutan sehingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan segar.

Selain itu, kehadiran tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, mengurangi stres, serta membuat suasana yang tenang dan nyaman. Dengan begitu, tanaman bukan sekadar dekorasi, melainkan mitra alami yang memainkan peran krusial dalam menciptakan hunian yang sehat, harmonis, dan nyaman bagi penghuninya.


Rekomendasi Tanaman yang Bikin Rumah Nyaman

1. Sansevieria (Lidah Mertua)

Tanaman ini tidak hanya tahan terhadap berbagai kondisi cahaya, tetapi juga dikenal dapat membersihkan udara dari berbagai polutan seperti formaldehida dan benzene, menciptakan udara dalam ruangan yang lebih segar.

2. Areca Palm (Kipas Palem)

Kipas Palem tidak hanya memberikan nuansa tropis yang menyegarkan, tetapi juga efektif dalam menghilangkan beberapa zat kimia berbahaya dari udara. Selain itu, tanaman ini dapat meningkatkan kelembaban udara dan menciptakan lingkungan yang nyaman.

3. Lavender

Selain keharumannya yang menyenangkan, tanaman lavender memiliki sifat relaksasi yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Memiliki potongan tanaman lavender di dalam rumah dapat memberikan aroma yang menenangkan.

4. Spider Plant (Klorofitum)

Tanaman ini merupakan pilihan yang bagus untuk memperbaiki kualitas udara di dalam rumah dengan menghilangkan karbon monoksida dan xylene. Klorofitum juga mudah dirawat dan tumbuh subur di berbagai kondisi cahaya.


5. Aloe Vera

Selain manfaatnya untuk perawatan kulit, aloe vera juga dapat berperan sebagai pembersih udara alami. Tanaman ini membantu menghilangkan benzene dan formaldehida, yang umumnya ditemukan dalam produk-produk rumah tangga.

6. Peace Lily (Lili Damai)

Peace lily dikenal dapat mengurangi tingkat kelembaban yang berlebih di dalam ruangan, serta membantu membersihkan udara dari zat-zat beracun seperti amonia dan formaldehida. Selain itu, bunga putihnya memberikan sentuhan estetika yang menenangkan.

Nah, itu dia 6 rekomendasi tanaman yang bikin rumah nyaman. Mana kira-kira tanaman favorit Anda? MG/Tasya Auliya Rizka
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)