Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Sabtu, 07 April 2018 - 17:00 WIB
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta
A A A
DI era media sosial yang semakin berkembang ini, berfoto ketika mengunjungi suatu tempat dan mengunggahnya di akun media sosial menjadi hal yang lumrah dan wajib. Apalagi jika tempat atau lokasi yang dikunjungi sangat instagramable.

Biasanya tempat yang bisa dijadikan spot menarik, seperti kafe atau lokasi wisata. Namun, ternyata museum juga menawarkan hal yang sama. Kalau kamu sedang mencari spot foto yang instagramable selain kafe, 5 museum yang ada di Jakarta ini bisa jadi pilihan.

1. Art:1 New Museum And Art Space
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Museum yang merupakan perluasan dari Galeri Seni Mon Decor ini terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No3 Sawah Besar, Jakarta Pusat. Berdiri pada tahun 2011, Art:1 memamerkan koleksi-koleksi dari Galeri Seni Mon Decor selama tiga puluh tahun. Di bagian New Museum, pengunjung bisa melihat instalasi seni rupa, patung, ornamen dan karya seni lainnya dari para seniman Indonesia yang namanya sudah terkenal. Sementara di bagian Art Space, pengunjung bisa melihat pameran seperti lukisan, video art dan fotografi dari para seniman muda. Desain gedung yang bergaya modern dan terlihat artistik di setiap ruangnya membuat museum ini cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

2. Museum Nasional Indonesia
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Museum Nasional atau yang dikenal juga sebagai Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No12 Gambir, Jakarta Pusat. Museum yang mendapatkan predikat sebagai salah satu museum nasional tertua dan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki beragam koleksi benda dari zaman prasejarah hingga kolonial. Salah satu spot foto yang instagramable di museum ini adalah sebuah karya dari Nyoman Nuarta yang bisa ditemukan ketika memasuki kompleks Museum Nasional Indonesia, terletak di antara Gedung Lama (Gedung A) dan Gedung Arca (Gedung B). Karya yang diberi judul Ku Yakin Sampai di Sana ini berbentuk seperti pusaran air dengan beberapa orang yang tampak hanyut di dalamnya.

3. Museum Bahari
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Museum yang terletak di Jalan Pasar Ikan No1 Penjaringan, Jakarta Utara ini memiliki beragam koleksi kemaritiman Indonesia. Koleksi yang bisa kita temukan di museum ini mulai dari perahu tradisional, kapal zaman VOC, kapal modern, perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran hingga koleksi biota laut dan aneka cerita nelayan Nusantara. Arsitektur gedung Museum Bahari yang merupakan arsitektur zaman Belanda dengan dinding putih dan banyak ornamen kayu menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadikannya sebagai spot foto yang instagramable. Salah satu spot foto yang instagramable di Museum Bahari adalah berpose di depan jendela-jendela kayu dari museum ini.

4. Galeri Nasional Indonesia
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Galeri Nasional Indonesia merupakan museum seni rupa modern dan kontemporer yang didirikan tahun 1999. Terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No14 Jakarta Pusat, museum ini memiliki beragam koleksi seni rupa mulai dari lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya hingga seni instalasi karya berbagai seniman Indonesia dan mancanegara. Salah satu spot foto favorit di museum ini adalah lukisan mural yang berada di halaman samping dan sebuah patung yang berada di halaman depan dari Galeri Nasional Indonesia. Selain spot foto tersebut, Galeri Nasional Indonesia juga memiliki banyak koleksi karya seni yang unik yang bisa dijadikan spot berfoto yang instagramable. Gimana? Jadi makin tertarik ke museum kan?

5. Museum Macan
Ini Dia 5 Museum yang Instagramable Banget di Jakarta

Museum MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara merupakan museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia. Museum yang dibuka sejak 4 November 2017 ini, fokus menampilkan karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan dunia. Terletak di Jalan Panjang No 5 Kebon Jeruk Jakarta Barat, museum ini menjadi salah satu museum yang cukup terkenal di Jakarta dan banyak diperbincangkan di media sosial. Lantai cokelat dengan karya seni yang dipajang di dinding putih menjadikan museum ini menjadi sangat instagramable.

Salah satu spot foto yang banyak diincar pengunjung adalah instalasi karya Yayoi Kusama, yaitu Infinity Mirrored Room. Di karya seni dalam ruangan yang bermandikan cahaya LED warna-warni ini, setiap pengunjung hanya diperbolehkan menikmati selama 30-45 detik dan harus bergantian dengan pengunjung lainnya. Meski sedang tutup sementara sejak 19 Maret 2018, Museum MACAN akan dibuka kembali untuk umum pada 12 Mei 2018 hingga 9 September 2018 mendatang yang akan menampilkan karya dari seniman Yayoi Kusama dengan tema "Life is the Heart of a Rainbow". Lebih dari 130 karya, termasuk 5 instalasi besar akan hadir di pameran tersebut.

ULFA IZZATUNNISA
GEN SINDO

Universitas Indonesia
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)