Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Hadir Terpisah di Acara Adat Berbedak Jelang Pernikahan

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:43 WIB
loading...
Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Hadir Terpisah di Acara Adat Berbedak Jelang Pernikahan
Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam mengikuti salah satu tahapan pernikahannya berupa upacara adat. Foto/Borneobulletin.com.bn
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam mengikuti salah satu tahapan pernikahannya, yakni Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja atau Upacara Berbedak Pengantin pada Rabu (10/1/2024) di Balai Singgahsana Indera Buana, Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan.

Calon istrinya, Anisha Rosnah, juga mengikuti prosesi serupa namun di tempat terpisah. Sultan Hassanal Bolkiah dan istri pertamanya, Hajah Saleha, ikut memeriahkan upacara tersebut.

Sementara itu terlihat pula saudara dari Pangeran Mateen seperti Pangeran Al-Muhtadee Billah dan istri serta Pangeran Abdul Malik dan istri. Ibunda Mateen, Hajah Mariam binti Haji Abdul Aziz, juga hadir dalam upacara tersebut.



Pangeran Abdul Mateen melangkah ke Balai Singgahsana Indera Buana, mengenakan kostum pernikahan adat dominasi warna merah dengan sash kuning yang disebut sepangadak merah dan regalia, diapit oleh Yang Mulia Pangeran Haji Sufri Bolkiah. Setelah Pangeran Abdul Mateen duduk di mimbar kerajaan, dilanjutkan dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, Upacara Menculiki Bedak Diraja pun dimulai.

Dalam acara ini, keluarga kerajaan melakukan upacara tradisional dengan mengoleskan benda seperti pasta bedak ke tangan mempelai pria dan wanita. Anisha Rosnah juga mengikuti prosesi itu setelah Abdul Mateen meninggalkan Balai Singgahsana Indera Buana. Anisha Rosnah tampak memasuki ruangan dengan bagian wajanya ditutupi kain merah. Anisha Rosnah tampak mengenakan baju tradisional berupa baju kurung dan rok merah serta mahkota gold.

Setelah Upacara Berbedak, acara akad nikah akan berlangsung hari ini, Kamis (11/1/2024), dilanjutkan dengan rangkaian acara lain seperti resepsi pada 14 Januari dan ditutup pada 16 Januari 2024.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)