Menilik Keindahan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Tempat Akad Nikah Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:31 WIB
loading...
Menilik Keindahan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Tempat Akad Nikah Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah
Pangeran Abdul Mateen resmi menikahi Anisha Rosnah pada Kamis (11/1/2024). Akad nikah berlangsung siang ini di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Foto/iStock
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Pangeran Abdul Mateen resmi menikahi Anisha Rosnah pada Kamis (11/1/2024). Akad nikah berlangsung siang ini di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Tempat ini merupakan masjid terindah di Asia Pasifik.

Pembangunan masjid Sultan Omar Ali Saifuddien dimulai pada 1954 dan selesai di tanggal 26 September 1958. Namanya diambil dari nama Omar Ali Saifuddien III, Sultan Brunei Darussalam ke-28. Kala itu, Sultan Omar Ali Saifuddien III memberikan masjid ini sebagai hadiah untuk masyarakat Brunei.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien dirancang oleh AO Coltman dari Booty dan Edwards Chartered Architects asal Inggris, yang saat itu berbasis di Malaysia. Masjid ini dibangun dengan keberagaman gaya arsitektur Islam, khususnya Moghul dan Italia.



Bagian kubah besar masjid dilapisi emas murni. Sementara menara utama masjid, yang tingginya mencapai 171 kaki, dibangun dari marmer. Saat matahari terbenam, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin menyinari langit malam dengan pencahayaan magisnya. Kubah dan menara emas menjadi hidup, menciptakan pemandangan menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

Fakta menariknya, menara masjid setinggi 52 meter menjadikannya bangunan tertinggi di pusat Bandar Seri Begawan. Ketika ada bangunan lain yang lebih tinggi maka akan celaka. Sebuah gedung Bank Islam Brunei di dekatnya, awalnya melebihi ketinggian masjid tersebut sehingga lantai teratasnya dibongkar atas perintah sultan.

Untuk ruang salat, masjid ini memiliki lengkungan yang ditopang oleh tiang-tiang dan dinding dari marmer, kemudian terdapat jendela kaca patri serta dihiasi dengan ukiran-ukiran nan indah. Ruang salat dapat menampung 3.000 jamaah sekaligus.

Marmer untuk pembangunannya didatangkan dari Italia, granit dari Shanghai, kaca patri dan lampu gantung dari Inggris, serta karpet dari Arab Saudi dan Belgia. Pintu besar masjid terbuat dari kayu yang didatangkan dari Filipina.



Selain memiliki bangunan yang indah, masjid ini dikelilingi oleh pepohonan dan taman bunga yang dirancang serta dirawat dengan indah. Tidak hanya itu, masjid ini juga dibangun di atas laguna buatan sehingga tampak mengapung anggun di permukaan air. Perpaduan kedua hal tersebut membuat suasana terasa semakin tenang, menciptakan ketenteraman bagi pengunjung dan jamaah.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi rumah bagi Institut Studi Islam Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Lembaga ini menawarkan berbagai program pendidikan studi Islam dan berperan penting dalam mempromosikan ajaran Islam di Brunei.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin bisa dikunjungi setiap hari. Senin-Kamis, Anda bisa mengunjungi masjid ini pada pukul 08.30-17.30 waktu setempat. Sementara Jumat-Sabtu lebih singkat yakni pukul 16.30-17.30 waktu setempat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)