Asal Usul April Mop

Senin, 09 April 2018 - 15:10 WIB
Asal Usul April Mop
Asal Usul April Mop
A A A
TEMAN-teman pasti sering mendengar istilah April Mop. Diperingati setiap tanggal 1 April, di hari tersebut, orang boleh memberikan lelucon pada orang lain, tanpa dianggap bersalah. Sebenarnya, bagaimana asal usul April Mop? Dan bagaimana pula di negara-negara lain?

Tahu kah, Kids? April Mop diperkirakan sudah dikenal sejak abad 16 lalu di Perancis. Kala itu, sebelum ada sistem penanggalan seperti sekarang, tanggal 1 April diperingati sebagai hari pergantian tahun. Kata April berasal dari bahasa Belanda Aprire yang artinya membuka.
Padahal, menurut cerita, saat itu Paus Gregory telah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari. Akan tetapi, karena informasinya kurang, banyak yang tidak percaya. Mereka pun tetap merayakan tahun baru pada 1 April. Nah, mereka itulah yang disebut April Mop, atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Penanggalan Romawi

Teori lain menyebutkan, penanggalan Romawi zaman dahulu hanya terdiri dari sepuluh bulan, dan Tahun Baru dirayakan setiap 1 April. Di tahun 1564, Raja Perancis Karel IX membuat perubahan penanggalan dari tanggal Romawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita kenal sekarang, Kids. Namun, lagi-lagi karena kurangnya informasi, Tahun Baru tetap dirayakan pada 1 April. Ini pun menjadi bahan tertawaan dan memunculkan istilah April Mop.

Itu sedikit sejarahnya, Kids. Lalu, seperti apa, sih, April Mop di setiap negara? Ingin tahu lebih banyak tentang April Mop? Simak ulasan selengkapnya di Majalah Just for Kids Edisi 9/VIII/2018 yang terbit bulan April ini. Buruan beli Majalah Just for Kids, jangan sampai kehabisan.
Asal Usul April Mop
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6625 seconds (0.1#10.140)