7 Cara agar Pakaian Wangi seperti Laundry, Pilih Deterjen yang Tepat

Jum'at, 12 Januari 2024 - 16:03 WIB
loading...
7 Cara agar Pakaian Wangi seperti Laundry, Pilih Deterjen yang Tepat
Ada sejumlah trik dan cara agar pakaian wangi seperti laundry. Mudah kok. Dan pastinya tidak merusak pakaian. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah trik dan cara agar pakaian wangi seperti laundry . Mudah kok. Dan pastinya tidak merusak pakaian.

Seperti diketahui, baju yang dicuci di laundry atau binatu memiliki wangi yang awet dan terasa lebih bersih. Sementara, jika mencuci baju di rumah, rasanya wangi baju sangat cepat hilang dan bahkan bisa menimbulkan bau.

Usut punya usut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar baju wangi layaknya dicuci di laundry. Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara agar Pakaian Wangi seperti Laundry

1. Cek Label Perawatan
Baju yang dibeli di departemen store atau di toko biasanya memiliki label perawatan termasuk cara pencucian, pengeringan dan cara menyetrika. Anda tinggal membaca petunjuk label di masing-masing baju.

2. Gunakan Deterjen yang Tepat
Selain memperhatikan cara mencuci yang tepat, agar baju bersih dan wangi Anda juga perlu cermat memilih deterjen . Tiap jenis bahan pakain membutuhkan jenis deterjen berbeda agar hasil cucinya optimal.

Untuk kain berwarna, sebaiknya menggunakan deterjen cair agar warna tidak mudah pudar. Sedangkan untuk kain putih, deterjen bubuk lebih disarankan karena dapat mengangkat noda dan kotoran dengan lebih baik. Untuk kain berbahan sutra atau wol, sebaiknya menggunakan deterjen khusus yang lebih lembut agar tidak merusak serat kain.

3. Pisahkan Baju sesuai Jenis Bahan dan Warna
Untuk hasil optimal, pastikan baju dipisah terlebih dulu berdasarkan warna dan jenis kain. Periksa dan bersihkan isi kantong baju untuk menghindari kerusakan mesin cuci. Selain itu, jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci sebelum digunakan.

4. Jangan Terlalu Lama Direndam
Jangan terlalu lama merendam pakaian. Cukup rendam selama 15 sampai 20 menit. Hal ini untuk menjaga agar bakteri tidak berkembang biak di baju saat proses perendaman yang lama dan memicu bau tak sedap di baju.

5. Perhatikan Kualitas dan Suhu Air
Tak kalah penting, perhatikan kualitas dan suhu air yang digunakan. Gunakan suhu air yang sesuai dengan jenis kain dan tingkat kotoran pada baju. Selain itu, gunakan air yang bersih dan jernih untuk menghindari pakaian bernoda kekuningan jika memakai air yang keruh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)