Bong Joon Ho dan Sineas Korea Desak Penyelidikan Kematian Lee Sun Kyun

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:30 WIB
loading...
Bong Joon Ho dan Sineas Korea Desak Penyelidikan Kematian Lee Sun Kyun
Bong Joon Ho dan sineas Korea mendesak penyelidikan kematian Lee Sun Kyun. Desakan ini ditujukan kepada pihak berwenang dalam konferensi pers baru-baru ini. Foto/Getty Images
A A A
SEOUL - Bong Joon Ho dan sineas Korea mendesak penyelidikan kematian Lee Sun Kyun yang mengembuskan napas terakhirnya pada Desember 2023. Desakan ini ditujukan kepada pihak berwenang dalam konferensi pers yang digelar di Seoul baru-baru ini.

Lee Sun Kyun yang membintangi film Parasite garapan Bong Joon Ho diselidiki polisi atas dugaan penggunaan narkoba dan menjadi sorotan dunia. Ini terjadi tepat dua bulan sebelum artis Korea itu meninggal dunia.

Dilansir dari Variety, Sabtu (13/1/2024) didukung oleh sejumlah seniman, organisasi budaya, dan asosiasi perdagangan, Bong Joon Ho menyerukan penyelidikan terhadap metode polisi dan media Korea Selatan terkait kasus Lee Sun Kyun.

Sutradara kenamaan itu menduga ada kemungkinan cara kerja polisi dan media Korea menjadi salah satu hal yang menyebabkan sang aktor bunuh diri. Seperti halnya dilakukan oleh stasiun penyiaran publik KBS yang menjadi sasaran kritik.

Bong Joon Ho dan Sineas Korea Desak Penyelidikan Kematian Lee Sun Kyun

Foto/Getty Images



Bong Joon Ho dan Sineas Korea Desak Penyelidikan Kematian Lee Sun Kyun

Foto/Getty Images

“Perbaikan legislatif yang jelas diperlukan untuk memastikan bahwa prinsip dan pengecualian tidak terbalik antara hak asasi tersangka dan hak publik untuk mengetahui, dan bahwa otoritas investigasi tidak secara sewenang-wenang menafsirkan dan menerapkan maksud undang-undang tersebut,” kata kelompok itu.

Pada kesempatan itu, Bong Joon Ho dan lainnya menolak menjawab pertanyaan dan tidak memberikan jawaban tambahan atau mengadakan sesi foto. Ini sesuai dengan tujuan mereka yakni mengkritik komentar, dan spekulasi yang dialami oleh Lee Sun Kyun selama ini.

Dengan dipandu Choi Duk Moon sebagai pembawa acara, pada sineas Korea yang hadir dalam konferensi pers ini masing-masing berkesempatan menyampaikan seruan mereka. Hal ini untuk keadilan dan reformasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)