Hadir di Consumer Electronics Show 2024, LG Perkenalkan Konsep Rumah Cerdas Berteknologi AI

Sabtu, 13 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Hadir di Consumer Electronics Show 2024, LG Perkenalkan Konsep Rumah Cerdas Berteknologi AI
LG menampilkan berbagai solusi kehidupan cerdas terbaru pada ajang Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024). Foto/LG
A A A
JAKARTA - LG Electronics (LG) menampilkan berbagai solusi kehidupan cerdas terbaru pada ajang Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024). Antara lain konsep rumah cerdas berteknologi AI.

CEO LG Electronics William Cho mengatakan, rumah cerdas berteknologi AI menggunakan beragam sensor untuk mendigitalisasi kehidupan pengguna dan secara proaktif mendeteksi kebutuhan hingga mengusulkan solusi khusus berdasarkan ucapan, tindakan, dan bahkan emosi pengguna.

"Misalnya, sensor nirkontak yang dipasang di rumah dapat mengukur serta mendigitalisasi detak jantung dan pernapasan pelanggan, menganalisis status kesehatan dan secara otomatis menyesuaikan suhu dan kelembaban dalam ruangan," terang William, Jumat (12/1/2024).

Di dalam rumah cerdas, lanjut William, LG ThinQ akan menghubungkan sensor dan berbagai perangkat IoT yang dipasang di seluruh rumah. LG ThinQ bertindak sebagai platform layanan yang dapat mengontrol seluruh perangkat secara mandiri untuk memastikan pengaturan yang ideal tanpa memerlukan campur tangan pelanggan.

Sensor ini juga dapat merekomendasikan kebutuhan khusus untuk hewan peliharaan. Selain itu, sensor dalam rumah dapat memprioritaskan efisiensi energi dengan mangaktifkan “power-saving mode” di ruangan kosong atau secara otomatis mematikan seluruh perabot listrik dan lampu saat tidak ada orang di rumah.

"Solusi komprehensif ini membantu pengguna agar dapat lebih menghemat, mengontrol, menyimpan, dan mendistribusikan energi terbarukan," ujar William.

Selain itu, AI Agent hadir sebagai asisten serbaguna dan pusat kontrol di dalam rumah yang dapat membantu kehidupan sehari-hari pengguna. AI Agent juga dapat terhubung dan mengelola berbagai peralatan rumah tangga berbasis IoT secara otomatis.

"Dilengkapi dengan kamera, speaker, dan sensor pemantauan, AI Agent dapat menganalisis situasi lingkungan rumah secara real-time dan membantu pengguna mengoperasikan berbagai perabotan," tutup William.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)