Lee Sun Kyun Raih Special Awards dari Austin Film Critics Association 2023

Sabtu, 13 Januari 2024 - 20:24 WIB
loading...
Lee Sun Kyun Raih Special Awards dari Austin Film Critics Association 2023
Lee Sun Kyun baru saja mendapatkan special awards dari Austin Film Critics Association 2023. Foto/Soompi
A A A
JAKARTA - Kepergian Lee Sun Kyun untuk selamanya tidak membuat aktor Korea Selatan itu berhenti berprestasi. Terbaru, Lee Sun Kyun baru saja mendapatkan special awards dari Austin Film Critics Association 2023.

Hal itu diumumkan langsung melalui situs resmi Austin Film Critics Association (AFCA), Sabtu (13/1/2024).

Dalam situs austinfilmcritics.org, nama Lee Sun Kyun tertulis mendapat penghargaan special awards untuk mengenang dan menghormati kehidupan sang aktor yang telah bekerja keras menghibur banyak orang dari film yang dibintanginya. Adapun karya-karya film yang dibintangi Lee ikut disebut dalam penghargaan tersebut.



“SPECIAL AWARD: “In memoriam of the life and works of Lee Sun-kyun.” Parasite, Sleep, Project Silence (PENGHARGAAN KHUSUS: "Untuk mengenang kehidupan dan karya Lee Sun-kyun." Parasite, Sleep, Project Silence),” demikian tertulis dalam situs austinfilmcritics.org.

Nama Lee Sun Kyun bersanding dengan aktor dan aktris ternama dunia lain yang menerima penghargaan seperti Lily Gladstone, Cillian Murphy, dan Robert Downey Jr..

Sebagai informasi, Austin Film Critics Circle Award merupakan salah satu penghargaan asosiasi kritikus film utama di Amerika yang memprediksi arah Academy Awards (Oscar) di tahun itu.

Sementara, Lee Sun-kyun ditemukan tewas di Seoul pada 27 Desember 2023. Kepergiannya di tengah kasus penyelidikan polisi atas dugaan narkoba sejak Oktober tahun lalu.

Lee Sun Kyun mengeluhkan ketidakadilan selama penyelidikan polisi. Dirinya telah kooperatif mengikuti segala jenis tes dan hasilnya bersih dari narkoba. Namun, pihak kepolisian tidak percaya sehingga membuatnya memilih jalan mengakhiri hidup.

Hal tersebut membuat rekan-rekan Lee Sun Kyun, para seniman di Korea seperti Bong Joon-ho, Jang Hang-joon, penyanyi dan komposer Yoon Jong-shin, aktor Kim Eui-sung, Choi Deok-moon, dan produser Jang Won-seok mengadakan konferensi pers untuk menyerukan penyelidikan menyeluruh oleh otoritas investigasi, upaya kerja mandiri media, dan dimulainya kembali undang-undang saat ini untuk melindungi hak asasi manusia seniman budaya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)