alexametrics

Ciletuh dan Rinjani Dapat Predikat UGG

loading...
Ciletuh dan Rinjani Dapat Predikat UGG
Ciletuh dan Rinjani Dapat Predikat UGG. (Antara).
A+ A-
JAKARTA - Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan Geopark Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

UNESCO juga mengesahkan 11 geopark lain dari 11 negara sebagai UGG. Pengesahan ketiga belas geopark di dunia tersebut, termasuk Ciletuh dan Rinjani, disampaikan dalam sidang Executive Board UNESCO ke-204, Komisi Programme and External Relations di Paris, Prancis, Kamis (12/4).

 “Ke-13 usulan tersebut juga diterima tanpa perdebatan. Artinya, semua negara menyetujui kawasan Ciletuh Palabuhanratu sebagai UGG,” ujar Dana Budiman, general manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhan ratu, dalam keterangan persnya kemarin. Wajar Ciletuh mendapat pengakuan dunia. Geopark itu sangat luar biasa. Keindahan alamnya lengkap.

Ada lanskap, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Tim UNESCO sendiri sudah menilai geopark itu awal Agustus 2017. Kini dengan predikat UGG, Ciletuh akan men jadi destinasi wisata dunia. “Ka ena itu, Geopark Ciletuh harus cepat dikembangkan agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakatnya,” ujar Dana.

Geopark Ciletuh juga di kelilingi hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah, termasuk keberadaan pantai yang indah. Bahkan, menariknya, Geopark Ciletuh juga punya ombak yang disukai para surfer dunia.

Tengok saja Pantai Cimaja, sering terpilih sebagai lokasi lomba surfing berskala internasional. Yang jelas, banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Ciletuh sebagai kawasan terpadu, misalnya pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan desa binaan, geowisata, homestay.

Tak hanya dapat mempelajari adat dan budayanya, para wisatawan juga bisa menikmati beragam objek wisata eksotis di Geopark Ciletuh, seperti keindahan air terjun Awang, Taman Purba, Bukit Panenjoan. Di kawasan seluas 126.100 hektare atau 126,1 km2 itu juga terdapat banyak destinasi wisata kelas dunia. Luas geo park sen diri me liputi 8 kecamatan mulai Cisolok (Pantai Cimaja) sampai Ujung Genteng (Ciemas).

Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjadikan Geopark Ciletuh itu semakin baik dan dikenal dunia. Sementara itu, General Manager Geopark Rinjani Chairul Mahsul juga mengaku bersyukur atas penetapan Geopark Rinjani sebagai UGG. Menurut dia, tanda-tanda Gunung Rinjani akan menjadi Global Geopark sebenarnya telah terlihat saat NTB ditunjuk sebagai tuan rumah Asia-Pasific Geopark Network Symposium, yakni pertemuan seluruh anggota Geopark se-Asia-Pasific pada 2019.

“Secara de facto, Gunung Rinjani sudah menjadi geopark dunia sejak ditunjuknya NTB menjadi tuan rumah kegiatan Asia-Pasific Geopark Network Symposium pada 2019. Namun, pengumuman resminya dikeluarkan April 2018. Sedangkan penyerahan piagam sebagai anggota baru geopark dunia akan dilaksanakan di Italia pada September 2018,” imbuhnya.

Dengan peningkatan status tersebut, bakal ada perubahan di Kawasan Gunung Rinjani. Salah satunya, kawasan Gunung Rinjani akan semakin dipromosikan ke masyarakat internasional, termasuk juga di ratusan geopark dunia lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, semakin banyak pengakuan dunia yang mampir ke Indonesia, itu akan semakin menaikkan pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB yang nantinya akan berimbas pada peningkatan ekonomi NTB. (M Ridwan)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak