5 Tips Mengaplikasikan Foundation pada Kulit Berminyak

Rabu, 18 April 2018 - 21:29 WIB
5 Tips Mengaplikasikan Foundation pada Kulit Berminyak
5 Tips Mengaplikasikan Foundation pada Kulit Berminyak
A A A
JAKARTA - Make up yang cepat luntur kerap dikeluhkan wanita, khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, saat melakukan touch up pada kulit berminyak, hal ini cukup berisiko karena dapat membuat tampilan riasan menjadi kurang natural, foundation juga akan terlihat cakey dan kurang menempel.

Karena itu, mengaplikasikan foundation agar tahan lama pada kulit berminyak menjadi tantangan tersendiri. Meski demikian, bukan berati Anda tidak bisa tampil maksimal. Dikutip Sociolla, berikut 5 langkah mudah mengaplikasikan foundation pada kulit berminyak agar tahan lama.

1. Aplikasikan es batu ke wajah
Aplikasikan es batu ke wajah sebelum menggunakan primer. Mengaplikasikan es batu ke seluruh wajah yang telah dibersihkan dinilai efektif untuk membuat foundation lebih tahan lama, khususnya pada kulit berminyak.

Efek dingin es batu dapat mengencangkan pori-pori wajah serta merangsang kelenjar sebum untuk mengurangi produksi minyak. Dengan begitu, foundation akan tampak lebih awet, mudah menempel, serta bebas luntur karena wajah tak mudah berminyak.

2. Rutin lakukan deep cleansing
Deep cleansing merupakan metode membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Ada beberapa tahapan deep cleansing yang perlu diketahui, salah satunya exfoliating yang bertujuan untuk membersihkan kotoran hingga ke dalam lapisan kulit terbawah.

Mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan exfoliating toner dapat dilakukan sebelum memakai foundation. Jangan lupa gunakan hydrating toner juga agar wajah terasa lebih lembap dan tidak kering.

3. Gunakan mattifying foundation
Hal yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak adalah menggunakan foundation dengan hasil akhir satin, shimmery atau efek lainnya yang membuat tampilan kulit wajah menjadi berkilau.

Foundation jenis ini akan membuat kulit tampak seperti kilang minyak. Karena itu, pilihlah foundation yang matte. Namun, pastikan foundation yang digunakan memiliki formula khusus yang dapat melembapkan kulit agar tekstur foundation tidak mudah terlihat pecah.

4. Gunakan transclucent powder

Translucent powder merupakan salah satu kunci agar foundation lebih tahan lama. Dalam memilih loose powder, sebaiknya hindari mineral powder karena dapat memberikan kilau pada wajah. Translucent powder merupakan pilihan tepat untuk kulit berminyak karena dapat menyerap minyak sekaligus mengunci foundation di kulit.

5. Semprotkan setting spray

Setelah mengaplikasikan translucent powder, semprotkan setting spray ke seluruh wajah agar foundation lebih tahan lama. Setting spray terdiri atas dua jenis, yakni bersifat maatifying dan dewy. Pastikan Anda menggunakan yang berjenis mattifying agar hasil matte yang diinginkan lebih maksimal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9390 seconds (0.1#10.140)