Kunjungi Medan, Mahfud MD Cicipi Kopi Seulawah yang Lezat dan Kaya Sejarah

Senin, 15 Januari 2024 - 13:43 WIB
loading...
Kunjungi Medan, Mahfud MD Cicipi Kopi Seulawah yang Lezat dan Kaya Sejarah
Mahfud MD berkesempatan mencicipi kopi seulawah saat berkunjung ke Medan. Cawapres nomor urut tiga itu pun paham betul soal sejarah minuman tersebut. Foto/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
MEDAN - Mahfud MD berkesempatan mencicipi kopi seulawah saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara pada Minggu, 14 Januari 2024. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga itu pun paham betul soal sejarah minuman tersebut.

Mahfud mengungkapkan dua arti dari kata seulawah dari nama kopi itu. Seulawah, kata Mahfud berasal dari kata salawat. Seulawah juga jadi nama pesawat pertama yang diberikan rakyat Aceh kepada Republik Indonesia.

“Seulawah itu bahasa Aceh, nah kopi (dari) kopi Aceh. Aceh memang terkenal dengan kopinya, tapi seulawah itu memiliki dua makna sekaligus. Dari segi keagamaan seulawah berasal dari kata sholawat,” kata Mahfud.

“Seulawah itu dalam bahasa Aceh, dalam bahasa Arab itu salawat. Artinya berdoa kepada nabi, doa untuk keselamatan, dan doa untuk kedamaian,” sambungnya.

Kunjungi Medan, Mahfud MD Cicipi Kopi Seulawah yang Lezat dan Kaya Sejarah

Foto/Muhamad Fadli Ramadan





Kata seulawah juga memiliki sejarah penting bagi Indonesia. Mahfud menjelaskan bahwa itu merupakan nama pertama pesawat Republik Indonesia. Dikatakannya, saat itu Indonesia diberikan pesawat oleh orang Aceh.

“Dulu, kata seulawah ini diberikan oleh rakyat Aceh kepada pemerintah Republik (Indonesia) untuk pesawat yang pertama. Jadi karena Aceh memiliki kesetiaan kepada negara kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Cawapres Partai Perindo ini menceritakan saat itu Indonesia belum sejahtera dan belum memiliki pesawat. Hal tersebut membuat rakyat Aceh berkomitmen membantu pemerintah Indonesia untuk meningkatkan nilainya di mata dunia.

“(Saat) Indonesia masih miskin, lalu yang memberikan pesawat itu orang Aceh dan diberi nama seulawah. Kata orang Aceh, kami berikan pesawat ini untuk perjuangan namanya salawat sebenarnya," ujarnya.



"Makanya saya senang bisa datang ke kopi seulawah ya ini namanya,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)