Lempeng Tektonik Super Besar Ditemukan di Dasar Laut Pasifik

Senin, 15 Januari 2024 - 14:41 WIB
loading...
Lempeng Tektonik Super Besar Ditemukan di Dasar Laut Pasifik
Lempeng Tektonik Super Besar Ditemukan. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa superstruktur aneh di Pasifik telah terbentuk sejak Dinosaurus menguasai Bumi.



Seperti dilansir darI IFL Science, Senin (15/1/2024), Superstruktur ini, yang dikenal sebagai "Pacific Plate", adalah lempeng tektonik terbesar di dunia.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Davis, dan diterbitkan di jurnal Nature Geoscience. Para peneliti menggunakan data dari survei batimetri untuk memetakan dasar laut di Pasifik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pacific Plate terbentuk dari beberapa lempeng tektonik yang lebih kecil yang bergabung selama periode Kapur, sekitar 145 juta tahun yang lalu.

Lempeng-lempeng ini bergabung karena subduksi, yaitu proses di mana lempeng tektonik yang lebih berat tenggelam di bawah lempeng tektonik yang lebih ringan.

Pembentukan Pacific Plate memiliki dampak besar pada geologi dan iklim Bumi.
Lempeng ini membentuk dasar laut yang luas dan membantu mengontrol aliran arus laut. Arus laut ini, pada gilirannya, mempengaruhi pola iklim di seluruh dunia.

"Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana lempeng tektonik terbentuk dan berevolusi," kata penulis utama studi, Dr. David Sandwell.

"Ini juga menunjukkan bahwa Pacific Plate telah memainkan peran penting dalam sejarah geologi dan iklim Bumi."tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)