SUP Yoga, Olahraga Yoga di Papan Seluncur di Atas Air Tenang

Jum'at, 20 April 2018 - 12:30 WIB
SUP Yoga, Olahraga Yoga di Papan Seluncur di Atas Air Tenang
SUP Yoga, Olahraga Yoga di Papan Seluncur di Atas Air Tenang
A A A
JAKARTA - Olahraga yoga memiliki banyak jenis. Salah satunya stand up paddle yoga (SUP Yoga) yang tengah digandrungi banyak pecinta olahraga yoga dan pertama kali dikenal pada 2013 lalu. SUP Yoga dilakukan di atas papan seluncur tepat di atas permukaan air dengan arus yang tenang seperti danau dan pantai.

Ukuran papan seluncur yang digunakan pun beragam, namun saat ini telah hadir papan seluncur khusus SUP Yoga. Dilansir dari Huffington Post, instruktur yoga asal Los Angeles, Dice lida-Klein mengatakan SUP Yoga memberikan banyak manfaat dibandingkan jenis yoga lainnya. Dia pun menyarankan mereka yang melakukan SUP Yoga harus menyelaraskan keseimbangan tubuh.

"Bagian tengah tubuh kalian harus bekerja agar kalian tetap seimbang dan terapung. Kalian mesti berusaha lebih keras dan lebih fokus pada airnya. Saat melakukan yoga studio dengan menggunakan karpet di lantai sangat sedikit ruang untuk melakukan kesalahan," kata Dice.

SUP Yoga yang tak biasa ini tak hanya sekedar yoga tapi juga membantu Anda menjadi orang yang tidak mudah menyerah. Pasalnya, jenis olahraga ini sangat besar kemungkinannya untuk terjatuh namun akan memacu adrenalin sehingga akan tetap fokus. Dice menilai semakin cepat terbiasa jatuh ke dalam air maka semakin baik yang dirasakan dan semakin mudah.

Apalagi suara air yang menenangkan dapat membuat Anda lebih rileks. Karena itu SUP Yoga dianjurkan untuk mengatasi stres. Tak hanya itu, SUP Yoga juga memberikan manfaat lainnya yang tidak didapat dari yoga studio seperti melatih pernapasan dengan menghirup udara segar dan memasok vitamin D dari sinar matahari. Sebelum melakukan SUP Yoga pastikan Anda bisa berenang lantaran saat terjatuh ke dalam air, ini akan membantu Anda.

"Kecuali kalian orang yang adrenalin junkie, mungkin susah buat kalian untuk keluar dari rutinitas atau mencoba hal yang tidak kita kuasai. Buat apa melakukan sesuatu yang sudah pasti akan gagal? Tapi itu penilaian dan ketakutan kalian yang berbicara, persis seperti tujuan yoga sebenarnya yang membantu kita untuk melepaskan hal tersebut," ungkap psikiater dan instruktur yoga dari Rhode Island, Marlynn Wei, MD, JD.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3588 seconds (0.1#10.140)