Waspadai Kencing Berdarah, Picu Kanker

Senin, 15 Januari 2024 - 23:53 WIB
loading...
Waspadai Kencing Berdarah, Picu Kanker
Kencing berdarah menjadi salah satu penyakit serius yang harus segera ditangani. Foto/ ist
A A A
JAKARTA – Kencing berdarah menjadi salah satu penyakit serius yang harus segera ditangani. Untuk penangana sementara, bisa dengan banyak minum air putih.

Jika Anda mengalami kencing warna merah atau bercampur darah, itu artinya Anda harus segera datangi pelayanan kesehatan. Pasalnya, ada sesuatu yang bermasalah pada salurannya.



Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Mataram, dr Akhada Maulana, Sp.U mengatakan, apabila seseorang sudah mengalami kencing berdarah selama berminggu-minggu, disertai adanya gumpalan darah, itu berarti suatu pertanda bahwa Anda harus waspada dengan adanya kanker.

“Kalau tanpa disertai nyeri sama sekali, apalagi kalau kencing berdarahnya sudah berpekan-pekan dan disertai gumpalan darah Anda harus waspada jangan-jangan kanker kandung kemih. Dan bila disertai nyeri pinggang jangan-jangan kanker ginjal,” kata dr Akhada, dikutip dari akun X miliknya, @akhadam77 pada Senin (15/1/2024).

Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan dalam kasus ini adalah jika kencing merah baru terjadi satu atau dua hari saja, ditambah timbul rasa nyeri, kemungkinan itu hanya diakibatkan karena infeksi saluran kencing atau batu saluran kencing.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika kencing berwarna merah? Tentu saja perbanyak minum air putih disertai tambahan antibiotik merupakan salah satu cara yang tepat.

Sebab, pada kebanyakan kasus kemungkinan besar satu diantara dua diagnosis tersebut akan terjadi pada seseorang apabila mengalami kencing berdarah.



“Nah bila hal tersebut terjadi cara memastikan minimal cek urine di laboratorium dan USG urologi. Sehingga InshaAllah akan ketahuan diagnosis dari penyakit tersebut dan jangan remehkan,” ucap dr Akhada.

Lebih lanjut, dr Akhada mengimbau apapun diagnosisnya alangkah lebih baik untuk segera diperiksakan. Karena semakin cepat keluhan itu ditemukan, maka semakin cepat pula penanganan yang diberikan agar pasien atau penderita lebih mudah untuk sembuh dari penyakitnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)