Mengapa Nyamuk Suka Gigit Orang dengan Golongan Darah O?

Selasa, 16 Januari 2024 - 20:00 WIB
loading...
Mengapa Nyamuk Suka Gigit Orang dengan Golongan Darah O?
Manusia mengirimkan sinyal kimia halus yang memberi tahu nyamuk tentang golongan darah. (Foto: Pixabay)
A A A
JAKARTA - Nyamuk tidak sembarangan menggigit manusia, spesies ini cenderung suka menggigit orang dengan golongan darah O.

Dari sebuah penelitian yang dilansir dari Essanews, Selasa (16/1/2024), darah berperan penting dalam proses reproduksi nyamuk. Nyamuk betina mengambil protein dari darah manusia yang sangat penting untuk pertumbuhan telur mereka. Jadi, tidak mengherankan bahwa serangga-serangga ini mengincar manusia dengan antusiasme tinggi.

Profesor Jonathan Day dari Universitas Florida, seorang entomologis yang telah mempelajari nyamuk selama lebih dari 15 tahun mengakui, kondisi ini menjadi fakta bagi hampir 20 persen dari populasi.



Golongan darah manusia memainkan peran signifikan dalam hal ini. Penelitian menunjukkan nyamuk cenderung mendarat pada individu dengan golongan darah O dua kali lebih sering daripada mereka dengan golongan darah A. Mereka dengan golongan darah B berada di tengah-tengah. Namun, ada hubungan menarik lainnya dengan darah manusia yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

Manusia mengirimkan sinyal kimia halus yang memberi tahu nyamuk tentang golongan darah . Sekitar 85 persen orang memancarkan sinyal yang dapat terdeteksi, sementara 15 persen sisanya berhasil menyamarkan informasi penting ini.



Penelitian juga menyarankan kewaspadaan dalam aktivitas fisik selama musim panas. Bau amonia, serta keringat yang dihasilkan selama aktivitas fisik yang melelahkan, berfungsi sebagai daya tarik yang kuat bagi nyamuk .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)