alexametrics

Kuliner Pinggir Jalan Khas Berbagai Negara

loading...
Kuliner Pinggir Jalan Khas Berbagai Negara
Kuliner Pinggir Jalan Khas Berbagai Negara. (Koran SINDO).
A+ A-
Salah satu hal menyenangkan ketika traveling ke sebuah negara adalah mencicipi kuliner lokal. Setiap negara selalu menawarkan makanan spesial dan terlihat sebagai suatu pengalaman yang autentik.

Tidak harus mahal layaknya sajian khas restoran ternama, street food atau makanan yang disajikan di pinggir jalan menjadi kuliner khas yang layak dicoba.

Berikut 11 makanan pinggir jalan paling terkenal berbagai negara.



1. PAD THAI, THAILAND
Pad Thailand terdaftar di nomor 5 dalam "World's 50 Most Delicious Food" oleh CNN Go pada 2011. Pad Thai terbuat dari mi goreng dicampur dengan tahu, telur, saus ikan, udang kering, bawang putih, bubur asam, gula aren, dan cabai. Pad Thai disajikan dengan irisan jeruk nipis dan kacang panggang yang dicincang.

2. MASALA DOSA, INDIA
Masakan India terkenal sangat lezat di seluruh dunia. Makanan ini dulunya hanya terkenal di India bagian selatan namun kini terkenal hampir di seluruh dunia. Masala Dosa adalah makanan terbuat dari nasi, garam, minyak sayur, cabe hijau, daun kari, biji mustard, kentang, bawang merah, kunyit, dan biji fenugreek.

3. SASHIMI, JEPANG
Sashimi adalah ikan mentah diiris tipis-tipis tanpa dimasak. Makanan Jepang ini cukup populer setelah sushi. Bahan sashimi paling populer adalah salmon, tuna, ikan fugu, cumi-cumi, dan udang.

4. CAKAR (CEKER) AYAM, CHINA
Di China, kaki ayam disebut sebagai Ji zhua yang dipercaya baik untuk kesehatan. Di Indonesia, makanan yang juga biasa disebut ceker ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun Anda akan mungkin akan kesulitan menemukan cakar ayam ini di negara seperti Eropa dan Amerika. Biasanya, cakar ayam ini direbus kemudian ditambah saus barbeque atau hanya diasinkan. Banyak juga yang memasaknya dengan cara digoreng.

5. DONER KEBAB, TURKI
Doner Kebab ala Jerman yang cukup terkenal sehingga kerap kali hanya disebut sebagai kebab. Kebab pertama kali dibawa oleh imigran Turki ke Berlin pada 1970-an. Saat ini kebab menjadi salah satu street food paling populer di Jerman dan Eropa. Dalam bahasa Turki diterjemahkan sebagai rotating kebab, yang terbuat dari irisan daging domba atau daging sapi yang dipanggang perlahan dengan cara berputar.

6. CURRYWURST, JERMAN
Currywurst dipercaya ditemukan di Berlin oleh Herta Heuwer pada 1949. Ketika itu ia memutuskan mencampur kecap dan bubuk kari yang ia dapatkan dari tentara Inggris di Jerman. Ia menuangkan campuran bumbu sosis babi bakar dan mulai menjualnya di jalan. Camilan ini menjadi sangat populer di kalangan pekerja bangunan karena currywurst.

7. ARANCINI, ITALIA
Jika diartikan dari bahasa Italia, makanan ini berarti jeruk kecil. Namun makanan ini tidak berbahan dasar dari jeruk. Nama ini diambil karena bentuk dan warnanya menyerupai jeruk kecil. Arancini terbuat dari nasi goreng yang dilapisi remah roti dan kemudian digoreng. Arancini biasanya diisi dengan saus tomat, keju mozarella, dan kacang polong.

8. POUTINE, KANADA
Ini merupakan makanan khas Kanada yang sebenarnya berasal dari Provinsi Quebec. Poutine terbuat dari kentang goreng yang diberi lelehan keju kemudian diberi topping remah berwarna cokelat.

9. PIROZHKI, RUSSIA
Pirozhki adalah versi kecil dari pirog, yang dalam bahasa Rusia berarti pie ala Rusia. Berasal dari kata "pir" yang berarti pesta dalam bahasa Rusia kuno. Makanan ini memang umumnya ada di setiap perayaan tertentu di Rusia. Dan kini banyak dijual di pinggir jalan di negeri beruang merah. Pirozhki biasanya berisi daging, ikan, telur, sayuran, dan buah-buahan.

10. PASTEL DE NATA, PORTUGAL
Pastel de Natal awalnya ditemukan pada abad ke-18. Awalnya makanan ini dibuat oleh pastur yang menggunakan kuning telur untuk membuat kue kering ini. Kemudian ditambahkan gula dan mentega.

Kota Dunia Dengan Kuliner Terbaik

Bangkok
Di Bangkok, deretan penjaja makanan jalanan bisa ditemukan di berbagai sudut kota. Sebut saja pad thai, tom yam, sticky rice, thai tea, es krim kelapa dan lainnya. Bangkok juga punya restoran berbintang yang menyajikan makanan khas.

Barcelona
Di Barcelona, Anda juga bisa menikmati berbagai santapan nikmat. Hanya saja kebanyakan makanan di sini adalah makanan yang mengandung babi. Misalnya serano ham, cured pork dan lainnya. Namun ada juga makanan halal berbahan ikan dari laut Mediterania yang bisa dinikmati.

Bologna, Italia
Tur makanan sangat populer di kota ini. Bologna merupakan kota tempat ditemukannya makanan Tagliatelle alla bolognese. Anda bisa menikmati mortadella segar dan aneka keju lain di pasar lokal. Gelato nan lezat juga bisa dinikmati sambil berjalan-jalan.

Bruges, Belgia
Wafel adalah makanan khas dari kota ini. Anda bisa berkreasi untuk membuat wafel dengan aneka toping, misalnya krim, buah segar dan cokelat. Bruges, Belgia juga terkenal dengan makanan lain seperti cokelat, kerang dan kentang goreng.

Buenos Aires, Argentina
Di Buenos Aires, Anda bisa memuaskan hasrat bersantap Anda dengan seporsi steak daging yang juicy. Parilladas adalah kreasi steak yang terkenal di dunia.

Ensenada, Meksiko
Pasar segar Ensenada di Meksiko menghadirkan taco ikan segar. Pasar yang dibuka sejak tahun 1958 ini adalah salah satu daerah yang terkenal dengan santapannya.

Makanan dan Minuman Tertua Dalam Sejarah

Makanan dan minuman sebenarnya berevolusi mengikuti sejarah manusia. Makanan serta minuman yang kita makan saat ini, merupakan pengembangan resep makanan dan minuman pada masa lampau.

Salad
Salad merupakan salah satu makanan paling tua di dunia. Orang-orang Romawi dan Mesir kuno biasa mengonsumsi salad yang disebut emmer dan farro. Menurut sejarawan makanan kuno, mereka biasa memakan salad tersebut tanpa tomat.

Sup
Cairan yang mengandung tulang hewan ini ditemukan di sebuah wadah perunggu berusia 2.400 tahun. Penemuan yang ditemukan di sebuah makam kuno dekat ibukota Xian, China tersebut diduga merupakan sisa sup para raja dan ratu di masa lampau.

Mi
Mie tertua ditemukan di China. Sebuah mie berusia 4.000 tahun ditemukan dalam mangkuk terbalik yang disegel. Mie tersebut terpelihara karena disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam tiga meter di situs arkeologi Laija.

Minuman Anggur
Semakin tua umur anggur, semakin berharga minuman tersebut. Anggur tertua ditemukan berusia 6000 SM di Georgia. Meski anggur tersebut telah menguap, namun ilmuwan menemukan bukti sisa anggur di dalam guci keramik tersebut. Dari penemuan tersebut juga ditemukan bahwa manusia purba menambahkan agen anti bakteri untuk melestarikan anggur sehingga bisa disimpan untuk waktu yang lama. Roti juga merupakan salah satu makanan tertua di dunia. Bukti terkuat berasal dari roti berusia 30.000 tahun yang lalu di Eropa. Diduga roti pada masa lalu pun telah memanfaarkan ragi untuk membantu proses fermentasi. Juga ditemukan oven roti bangsa Romawi kuno di sebuah situs purbakala.

Makanan Jalanan Khas Indonesia

Nasi Goreng
Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam Jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

Sate
Sate atau satai adalah makanan yang dibuat dengan potongan daging kecil (ayam, sapi, kambing, kelinci, dan sebagainya) lalu ditusuk sedemikian rupa menggunakan potongan lidi atau bambu lalu di panggang diatas bara kayu.

Martabak
Penganan yang satu ini biasanya banyak dijajakan di malam hari. Tersedia martabak asin dan martabak manis yang juga tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Martabak juga cocok dijadikan buah tangan ketika pulang beraktivitas.

Batagor
Tidak hanya terkenal di Bandung, batagor juga menjadi jajanan terkenal di pulau Jawa. Makanan yang disingkat dari kata bakso-tahu-goreng dibalut dengan kulit pangsit dan diisi dengan daging atau ikan. Jangan lupa, tambahkan saus kacang saat menyantapnya.

Cilok
Jajanan asli kota Bandung ini memang banyak peminatnya. Terbuat dari tepung kanji atau biasa disebut ‘aci’, penganan ini punya tekstur kenyal dengan isi daging di dalamnya. Cilok juga biasanya disajikan hangat dengan bumbu saus kacang.

Cakwe
Yang satu ini juga jadi jajanan favorit kaki lima. Cakwe dibuat dari adonan tepung terigu dengan rasa yang gurih dan sedikit manis. Cakwe biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus khusus dengan cita rasa manis dan gurih.

Seblak
Jajanan yang berbahan dasar kerupuk ini sudah memiliki berbagai variasi. Ada yang memakai mi, ceker, makaroni, dll. Teksturnya yang kenyal dipadukan dengan sensasi gurih serta pedas.

Gorengan
Meski diketahui tidak baik bagi kesehatan, gorengan ternyata tetap jadi jajanan favorit orang Indonesia. Tempe, tahu, bakwan, pisang, hingga ketela atau ubi–semua memang nikmat disantap.

Roti bakar
Kalau dulu rasanya terbatas di cokelat, keju, dan aneka selai, sekarang makin inovatif. (Hardiansyah)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak