alexametrics

Ini 3 Penyakit akibat Kolesterol Tinggi

loading...
Ini 3 Penyakit akibat Kolesterol Tinggi
Serangan jantung menjadi salah satu penyakit akibat kolesterol tinggi. Sayang, banyak orang yang tak menyadarinya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab munculnya berbagai macam masalah kesehatan. Idelanya, kolesterol dikatakan normal antara 160-200 miligram per desiliter.

Sementara, masih banyak yang belum menyadari penyebab kolesterol tinggi hingga mengakibatkan beragam penyakit. Nah, seperti dilansir Health Line, berikut ini 3 penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi.

1. Serangan jantung

Tingginya kolesterol menyebabkan pembentukan plak pada arteri hingga terjadi pengerasan arteri. Jika dibiarkan, kondisi ini akan membuat arteri menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung. Akibatnya, kondisi ini memicu rasa nyeri hingga sakit jantung.

2. Stroke

Selain serangan jantung, pembentukan plak karena kolesterol juga menyebabkan kekurangan atau berhentinya suplai darah ke otak sehingga memicu stroke.

3. Hipertensi

Saat arteri mengeras dan menyempit, timbunan plak kolesterol dan kalsium membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi ini memciu tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak