5 Manfaat Berenang di Pagi Hari, Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Rabu, 17 Januari 2024 - 11:42 WIB
loading...
5 Manfaat Berenang di Pagi Hari, Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental
Berenang di pagi hari dapat merelaksasi pikiran sebelum mulai berbagai aktivitas yang padat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjalankan gaya hidup sehat bukan hanya mengatur pola makan. Konsisten dalam berolahraga juga penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu olahraga yang baik untuk memulai hari yaitu berenang.

Berenang di pagi hari dapat merelaksasi pikiran sebelum mulai berbagai aktivitas yang padat. Tak perlu berlama-lama, cukup 30 menit hingga 1 jam berenang di pagi hari bisa membuat aktivitas Anda lebih ringan.

Bukan cuma itu, berenang di pagi hari juga tidak membuat kulit Anda terbakar matahari yang terik. Berikut 5 manfaat berenang di pagi hari, seperti yang dilansir berbagai sumber, Rabu (17/1/2024).


1. Membantu Fokus

Kebiasaan berenang di pagi hari ternyata dapat membantu Anda meningkatkan fokus dalam menjalani hari. Memulai hari dengan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran akan membuat kinerja jauh lebih fokus dan terkendali. Sehingga sangat baik jika Anda sisihkan waktu untuk berenang pagi sebelum beraktivitas penuh.

2. Melatih Jantung dan Paru-Paru

Berenang di pagi hari sangat bagus untuk membantu aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan aliran darah ke paru-paru dan jantung. Secara tidak langsung berenang membantu melatih kinerja jantung dan paru-paru Anda.

3. Dapat Sinar Matahari Pagi yang Baik

Bagi Anda yang enggan berenang karena takut kulit terbakar sinar matahari yang membuat kulit gosong ataupun belang, sebetulnya Anda bisa pilih waktu berenang di pagi hari. Sinar matahari yang terpancar masih hangat dan belum terik, sehingga tidak akan membakar kulit Anda. Selain itu, sinar matahari pagi juga merupakan sumber vitamin D yang bagus untuk tulang.


4. Memulai Hari dengan Kondisi Fit

Biasanya ketika bangun tidur, tubuh terasa lemas dan lesu apalagi setelah di hari sebelumnya penuh dengan aktivitas. Memulai pagi dengan berenang dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh. Sehingga tubuh terasa lebih ringan dan fleksibel ketika aktif berkegiatan di luar ruangan.

5. Membuat Senang dan Rileks

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan berenang di pagi hari sebelum berkegiatan dapat melepas hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini terkenal mampu meningkatkan perasaan senang dan nyaman sehingga membuat seseorang lebih bersemangat. Hormon endorfin juga dapat meningkatkan suasana hati agar tidak mudah stres.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)