Justin Timberlake Tetap Berjaya

Sabtu, 28 April 2018 - 07:56 WIB
Justin Timberlake Tetap Berjaya
Justin Timberlake Tetap Berjaya
A A A
DALAM usia yang tak lagi muda untuk industri hiburan, yaitu 37 tahun, JustinTimberlake masih menancapkan kukunya dalam industri musik. Album terbarunya yang dirilis pada Februari lalu bahkan masih sanggup bercokol sebagai album nomor satu di Amerika Serikat.

Justin Randall Timberlake memang luar biasa. Sepanjang kariernya, dia telah berhasil menjual lebih dari 32 juta album dan 56 juta single di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu artis musik terlaris di dunia.

Dia juga disebut sebagai ikon pop dan menerima berbagai penghargaan. Termasuk sepuluh Grammy Awards, empat Emmy Awards, tiga Brit Awards, dan sembilan Billboard Music Awards. Menurut Billboard pada 2017, Justin tercatat sebagai solois pria terbaik dalam sejarah Mainstream Top 40. Majalah ternama Time juga menobatkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia pada 2007 dan 2013.

Dikutip Forbes, pada 2015, ia adalah selebritas dunia dengan bayaran tertinggi ke-19. Sebelumnya pada 2014, dia juga berada di posisi ke-26.

Februari lalu, Justin juga baru saja mengeluarkan album terbarunya ‘Man of the Woods’. Dalam album kelima ini, dia berkolaborasi dengan Timbaland, Pharrell Williams, dan Alicia Keys. Ini artinya Justin sudah berkarya di bidang musik selama lebih dari satu dekade, dan namanya tetap berjaya. Ini dibuktikan dengan larisnya album tersebut, termasuk ulasan positif dari para kritikus yang menyebut JT, panggilan akrabnya, mampu bereksperimen dan makin matang.

Mengapa Justin begitu fenomenal? Karena dia dianggap memiliki perpaduan yang pas untuk bertahan hidup dalam industri hiburan. JT memiliki bakat, ekspresif, lincah, dan bisa melakukan koreografi yang belum tentu dimiliki semua bintang. Satu yang jelas terlihat, Justin mempunyai wajah dan penampilan fisik yang selalu memesona para penggemar wanitanya. Itulah kekuatan Justin yang dianggap belum bisa ditemukan di musisi baru lainnya pada saat ini.

Dalam setiap penampilan panggungnya, Justin juga mampu memberikan hiburan yang maksimal dan klimaks. Dia paham benar artinya menghibur penonton dengan penampilan yang tak terlupakan.

Nama besarnya memang dimulai saat dia bergabung dengan boyband NSYNC pada sekitar tahun 1995. Kala itu, lelaki kelahiran 31 Januari 1981 ini menjadi anggota termuda dan penyanyi utama dari boyband tersebut. Nama NSYNC pun terus melonjak, termasuk Justin. Boyband ini pun dianggap sebagai boyband terlaris ketiga di industri musik.

Sebelumnya dari tahun 1993 hingga 1995, ia tampil di The New Mickey Mouse Club, bersama dengan bintang pop Britney Spears, Christina Aguilera, dan JC Chasez. Dia juga sempat tampil di acara televisi Star Search.

Transformasi dari boyish menjadi matang
Dikutip Biography, pada 2002, Justin memutuskan keluar dari NSYNC dan mengejar mimpinya sebagai penyanyi tunggal. Dari sini, JT mulai mengubah citranya dari anak muda menggemaskan alias boyish menjadi lebih matang dan dewasa.

Dia merilis albumnya ‘Justified’ yang kental dengan R&B pada 2002. Album ini sukses mengeluarkan lagu-lagu yang laris manis dan tahan lama seperti Like I Love You, Cry Me a River, dan Rock Your Body. Album ini terjual lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia. Dia pun menerima dua Grammy Awards pada 2004 untuk Best Pop Vocal Album dan Best Male Pop Vocal Performance.

Album keduanya, FutureSex / LoveSounds (2006), memuat genre musik yang lebih beragam dan memulai debutnya di US Billboard 200 dan masuk dalam daftar Hot 100 single. Yakni SexyBack, My Love, dan What Goes Around... Comes Around.

Dewi keberuntungan pun seolah mengarah ke Justin. Penjualan dua album pertamanya ini berhasil melampaui 10 juta kopi, dan dia terus menghasilkan rekaman serta berkolaborasi dengan artis lain.

Kemudian Justin mulai melirik dunia akting. Dari tahun 2008 hingga 2012, dia fokus bermain dalam The Social Network, Bad Teacher, Friends with Benefits, In Time, Alpha Dog, Black Snake Moan, dan Southland Tales.

Justin lalu kembali melanjutkan karier musiknya pada 2013 dengan album ketiga “The 20/20 Experience” dan album keempat “The 20/20 Experience – 2 of 2”. Album ini menjelajahi gaya soul neo, sebagian terinspirasi oleh struktur lagu yang ekspansif pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Meski begitu, Justin juga masih sempat mengisi suara di karakter utama dalam film produksi DreamWorks Animation yang dirilis pada 2016, Trolls. Dia juga menyanyikan soundtrack film ini yakni Can't Stop the Feeling! Yang menjadi nomine lagu asli terbaik dalam Academy Awards 2017. Sementara lagu lainnya yang dinyanyikan bersama aktris Anna Kendrick, yaitu aransemen ulang lagu milik Cyndi Lauper, True Colors, juga diminati pencinta musik dunia.

Total Kekayaan
USD230 juta (Rp3,1 triliun).
(Sumber: celebrity net worth)

Penghasilan dari album
Justified (2002): USD10 juta (Rp137 miliar)
FutureSex / LoveSounds: USD15 juta (Rp206 miliar)
The 20/20 Experience: USD3 juta (Rp41 miliar)
The 20/20 Experience bagian 2: USD850.000 (Rp11,7 miliar)
(Sumber: Go Banking Rates)

Tur
Justified and Stripped Tour bersama Christina Aguilera (2003): USD45 juta (Rp619 miliar)
FutureSex / LoveShow (2007: USD127,8 juta (Rp1,7 triliun)
Tur bersama Jay Z (2009): USD20 juta (Rp275 miliar)
Legends of the Summer Stadium Tour bersama Jay Z (2013): penjualan tiket mencapai USD69,8 juta (Rp960 miliar).
Tur solo The 20/20 Experience (2013 – 2014): penjualan tiket mencapai USD231,7 juta (Rp3 triliun).
(Sumber: Go Banking Rates)

Film
Film-film Justin meraup lebih dari USD1 miliar di seluruh dunia. Enam filmnya telah menghasilkan lebih dari USD100 juta. Termasuk:
The Social Network: USD224,9 juta (Rp3 triliun)
Bad Teacher: USD216,2 juta (Rp2,9 triliun)
Yogi Bear: USD201,6 juta (Rp2,7 triliun)
In Time: USD173,9 juta (Rp2,4 triliun)
Friends with Benefits: USD149,5 juta (Rp2 triliun)
Trolls: USD152 juta(Rp2 triliun)
(Sumber: Go Banking Rates)

Iklan
Dikutip Express, dia juga menjadi bintang iklan tiga restoran, produk Sony, Audi AI, dan produk Callaway Golf Company.
Dikutip Celebrity Net Worth, Justin mendapat USD6 juta (Rp82,5 miliar) dari McDonald untuk menyanyikan jingle iklan mereka, ‘I’m Lovin’ It’.
Dikutip Daily Mail, Justin adalah wajah Givenchy pada 2010 dan dinobatkan sebagai Direktur Kreatif untuk Bud Light pada 2013.
Dikutip Rolling Stones, dia juga sempat menjadi juru bicara Apple iPhone.

Koleksi Properti

Rumah di Hollywood Hills
Dikutip Echo Fine Properties, Justin membeli rumah seluas 1.230 meter persegi ini seharga USD8,3 juta (Rp114 miliar) pada Juli 2002. Rumah ini memiliki 6 kamar tidur, 10 kamar mandi, rumah tamu, dan suite untuk bayi. Rumah ini dibangun pada tahun 2000 dan berada di tanah seluas 3 hektare.

Apartemen di Tribeca
Dikutip Time, Justin dan istrinya, aktris Jessica Biel, baru-baru ini membeli apartemen di gedung penthouse di 443 Greenwich di daerah Tribeca New York, seharga USD20,2 juta (Rp277 miliar). Penthouse ini memiliki luas 5.400 meter persegi, dan memiliki gudang anggur yang dikontrol dengan iklim.

Koleksi Mobil

Jeep Wrangler
Jeep ini dibelinya karena menggambarkan dirinya yang macho, kepribadian keras dan berani menghadapi hidup.

Volkswagen Jetta
Dikutip Hot Cars, Justin juga dikabarkan memiliki mobil Volkswagen Jetta generasi keempat. Harga mobil ini dimulai dari USD16.000 (Rp220 juta).

Audi S5 Cabriolet
Justin sering membawa istrinya Jessica Biel dengan mobil ini. Dikutip Muzul, mobil ini seharga USD90.000 (Rp1,2 miliar).

Mobil lainnya
Justin juga disebut memiliki Audi Q7,Lexus RX 350, Hummer H3, Jeep Grand Cherokee SRT8, 1960 Pontiac GTO, dan Mercedes-Benz ML.

Ragam Bisnis yang Menggurita

Perusahaan minuman Bai Brands
Dikutip Business Insider, pada Oktober 2016, Justin menjadi salah satu investor di perusahaan minuman, Bai Brands. Dia juga menjadi wajah dari kampanye pemasaran Bai Brands senilai USD100 juta (Rp1,4 triliun) pada 2017. Dia juga ditunjuk sebagai chief flavor officer, yang akan bekerja dengan tim eksekutif di markas Bai dekat Trenton, New Jersey.

Bisnis tequila
Dia bermitra dengan merek Beam Suntory Inc. pada 2014 untuk meluncurkan tequila premium yang disebut ‘Sauza 901’.

Perusahaan rekaman
Dia juga menjabat sebagai ketua dan CEO Tennman Records, sebuah usaha patungan dengan Interscope Records, yang berbasis di Los Angeles.

Bisnis pakaian
Pada 2005, ia mendirikan perusahaan pakaian WilliamRast dengan sahabatnya, Trace Ayala. Clothing line ini terinspirasi oleh mode musisi Memphis terkenal lainnya, Elvis Presley.

Restoran
Dikutip Mashable, Justin dan istrinya Jessica Biel, bergelut di industri makanan dan minuman. Jessica diketahui membuka Au Fudge, sebuah restoran di Los Angeles yang ramah anak. Lalu Justin juga memiliki restoran Southern Hospitality BBQ and Bar di New York, menyajikan makanan Memphis setempat.

Usaha rintisan Dekko
Justin berinvestasi di perusahaan rintisan (start up) teknologi Dekko.

Investasi di Stipple
Dikutip Forbes, pada 2010, Justin berinvestasi sebesar USD2 juta (Rp27 miliar) di Stipple, perusahaan rintisan asal San Francisco yang memungkinkan orang memonetisasi foto di situs web.

Investasi di aplikasi Tapulous
Dia juga berinvestasi di pengembang aplikasi Tapulous yang dibeli Disney.

Investasi di MisoMedia
Dikutip Complex, dia juga berinvestasi di Miso Media, sebuah situs web yang ditujukan untuk merevolusi pendidikan musik melalui teknologi seperti aplikasi dan program interaktif.

Membeli sahamWalmart
Dikutip Express, dia juga dikabarkan membeli banyak saham Walmart pada tahun 2012.

Pemilik tim bola basket
Justin dan istri Jessica Biel adalah pemilik minoritas tim bola basket Memphis Grizzlies.

Kerjasama dengan Mirimichi Green
Dikutip Go Banking Rates, Justin juga berafiliasi dengan perusahaan lanskap ramah lingkungan Mirimichi Green. Merek ini menciptakan tas, ransel, dan aksesori perjalanan.

Lapangan golf
Justin hobi bermain golf. Dia bahkan pernah membeli lapangan golf Big Creek yang direnovasi hingga menghabiskan dana USD16 juta (Rp220 miliar). Namun lapangan ini kemudian dijualnya dengan harga USD500.000 (Rp6,8 miliar) pada 2014. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5487 seconds (0.1#10.140)