Apa Itu Perawatan Wajah Mesoterapi? Ini 5 Keunggulannya

Jum'at, 19 Januari 2024 - 06:30 WIB
loading...
Apa Itu Perawatan Wajah Mesoterapi? Ini 5 Keunggulannya
Mesoterapi sebenarnya bukan metode perawatan wajah baru. Namun, belakangan ini perawatan mesoterapi menjadi populer. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mesoterapi sebenarnya bukan metode perawatan wajah baru. Namun, belakangan ini perawatan mesoterapi menjadi populer. Banyak perempuan yang menjajal perawatan ini. Tidak sedikit dari mereka yang terlihat puas dengan perawatan mesoterapi dan memamerkan hasilnya melalui media sosial.

Dikembangkan oleh dokter Prancis Michel Pistor pada 1950-an, mesoterapi awalnya digunakan untuk mengobati gangguan vaskular dan limfatik. Seiring waktu, aplikasinya diperluas untuk mencakup tujuan kosmetik seperti peremajaan kulit, pengurangan selulit, pembentukan tubuh, pigmentasi pencerah, dan pengurangan lemak lokal.

Perawatan ini menggunakan asam amino dan enzim. Kedua bahan tersebut biasanya melibatkan penggunaan mikro-jarum atau perangkat mesoterapi khusus untuk disuntikkan ke area yang ditargetkan. Dalam pengobatan tradisional, itu dilakukan dengan menggunakan jarum pengukur halus untuk mengirimkan sejumlah kecil obat atau larutan ke kulit. Nantinya kulit akan terlihat bentol-bentol dalam beberapa hari ke depan setelah perawatan.



Lalu, apa yang akan dirasakan oleh kulit? Mengutip laman Pinkvilla, Jumat (19/1/2024), berikut lima manfaat perawatan wajah mesoterapi.

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mesoterapi dapat membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Itu juga membantu hidrasi kulit dengan meningkatkan kadar air kulit. Ini membuatnya terlihat bercahaya, lembut, dan lembab. Suntikan memberikan nutrisi penting dan antioksidan langsung ke kulit, memberikan kulit yang awet muda.

2. Pengurangan Lemak

Mesoterapi wajah dapat digunakan untuk menargetkan area lokal dari wajah yang kelebihan lemak seperti dagu ganda. Hal tersebut terjadi lantaran obat-obatan, vitamin, dan mineral yang digunakan dalam suntikan membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi retensi cairan, dan memecah sel-sel lemak yang mengarah pada pengurangan penampilan selulit.

3. Minimalisasi Pori-Pori

Mesoterapi dapat membantu meminimalkan munculnya pori-pori yang membesar, memberikan kulit tekstur yang lebih halus dan lebih mulus. Hal tersebut karena zat yang disuntikkan dapat merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit dan mengurangi ukuran pori.


4. Menyesuaikan Kebutuhan Wajah

Perawatan mesoterapi dapat disesuaikan dengan masalah wajah masing-masing. Treatment ini berguna untuk memenuhi kebutuhan perawatan wajah spesifik setiap individu. Hal ini dapat terjadi karena perawatan tersebut meracik khusus zat yang disuntikkan agar sesuai dengan masalah kulit setiap orang. Fleksibilitas ini memungkinkan pendekatan yang dipersonalisasi untuk mengatasi kondisi kulit dan tujuan estetika yang berbeda.

5. Menghidrasi Kulit

Cairan yang disuntikkan mengandung asam hialuronat yang membantu melembabkan kulit. Selain itu, ada juga kandungan larutan glikosaminoglikan yang mengikat kulit dan menahan air, serta meningkatkan elastisitas kulit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1233 seconds (0.1#10.140)