Tips Mudah Menyimpan Kurma, Dijamin Tahan Lama

Jum'at, 19 Januari 2024 - 12:59 WIB
loading...
Tips Mudah Menyimpan Kurma, Dijamin Tahan Lama
Kurma segar adalah jenis buah kurma yang tidak melalui proses pengeringan atau dikenal sebagai kurma basah. Foto/ verywelhealth
A A A
JAKARTA - Kurma segar adalah jenis buah kurma yang tidak melalui proses pengeringan atau dikenal sebagai kurma basah.

Salah satu ciri khas kurma segar adalah dagingnya yang mengandung air dalam konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas kurma segar.

Apalagi, Indonesia memiliki iklim tropis. Suasana basah karena air sangat rentan tumbuk bakteri dan jamur. Artinya dibutuhkan cara terbaik untuk menyimpan dan menjaga kualitas kurma. Ada tips mudahnya. CEO PT Rayan Barokah Utama Yuli Prassetiowati berbagi tips menyimpan kurma dengan baik.

"Apakah kurma mudah rusak karena lembab? Artinya cara menyimpannya harus di storage yang kering. Begitu pula dengan kurma segar. Karena sifatnya yang lembab dan mengandung air yang banyak. Jamur akan mudah tumbuh jika mendapatkan temperatur hangat. Oleh karena itu Cara Menyimpan Kurma segar sebaiknya di storage yang kering dengan pendingin," kata Yuli.

"Agar bisa menikmati kurma segar, maka harus mencegah pematangan lebih lanjut. Istilah lainnya adalah menjaga usia buah agar tidak matang sempurna," ujar dia lagi.

Namun, prosedur ini tidak mudah dipahami banyak orang sehingga jika order langsung dari luar negeri tanpa sistem packing yang benar, maka buahnya bisa rusak. Namun, ada ruthob rayan dari Kabira Food yang tersedia, di mana melalui riset mendalam.

Berikut ini menjaga kualitas dari kurma yang datang dari negara asalnya, Libya.

Pertama pilihlah buah dengan bentuk yang utuh dan warna homogen. Kondisi ini mengindikasikan buah tersebut masih segar dan berkualitas baik. Hindari untuk mencampur dengan buah yang berkualitas kurang. Karena kita mengkhawatirkan di buah tersebut sudah ada mikroba yang berkembang. Jika kita simpan dalam satu storage yang sama, lambat laun mikroba tersebut bisa menyebar ke buah yang lain. Sehingga buah yang awalnya masih bagus bisa turun kualitasnya.

Kedua sebelum menyimpan di storage akhir, kita perlu membersihkannya secara hati-hati. Langkah ini merupakan awal dari Cara Menyimpan Kurma Segar yang benar. Kita bisa membersihkan dengan tisuh bersih. Pastikan kita melakukanya secara pelan dan hati-hati. Tujuannya agar buah kurma segar tersebut masih utuh. Karena jika kita bersihkan dengan kurang baik maka kemungkinan buah daging buah bisa sobek. Akibatnya air dari buah kurma keluar. Nutrisinya menjadi berkurang, belum lagi patogen bisa menempel dan mengakibatkan perubahan rasa.

Ketiga gunakan storage yang kedap udara. Mengapa harus kedap udara? Karena udara merupakan media bakteri yang paling umum. Jika storage yang kita gunakan tidak kedap udara, maka kurma segar bisa terkontaminasi udara. Sehingga mikroorganisme yang ada di dalam udara bisa tumbuh di kurma. Akhirnya kurma jadi berjamur, rusak atau rasanya menjadi tidak enak lagi.

Keempat suhu dan kelembaban terkontrol. Cara menyimpan kurma segar paling mudah di rumah adalah menyimpannya di Freezer. Kita tidak menganjurkan untuk menyimpannya di ruangan terbuka. Karena bisa kita pastikan pasti cepat rusak dan membusuk. Jika kita menyimpannya di kulkas, maka suhu dinginnya bisa mencega terjadinya kerusakan nutrisi. Selain itu kelembapan dalam kulkas tetap terjaga sehingga kurma basah kita tetap awet.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)