Serunya Bermain Sambil Belajar Bersama Shimajiro

Minggu, 06 Mei 2018 - 20:33 WIB
Serunya Bermain Sambil Belajar Bersama Shimajiro
Serunya Bermain Sambil Belajar Bersama Shimajiro
A A A
JAKARTA - Tak dimungkiri, bermain adalah cara anak usia dini dalam belajar tentang dunianya. Melalui bermain, anak belajar mengembangkan berbagai macam kemampuan yang akan bermanfaat untuk menjalani dunia akademisnya nanti.

“Apa saja? Antara lain kemampuan motorik kasar, motorik halus, personal dan sosial, serta kognitif," ujar Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi Psikolog Keluarga yang juga Co-Founder Rumah Dandelion dalam acara Kodomo Challenge Touch & Try: Spesial Ulang Tahun Shimajiro di Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Sementara itu Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD Dr. Sofia Hartatl., M.Si memaparkan bahwa periode golden age (5 tahun pertama dalam kehidupan anak) merupakan tahapan terpenting dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial.

"Maka, orang tua perlu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan menyediakan lingkungan yang mampu menstimulasi rasa ingin tahu mereka dan memberikan berbagai pengalaman yang menyenangkan,” katanya.

Berangkat dari hal ini, Benesse Corporation, sebuah perusahaan pendidikan nomor satu di Jepang, menghadirkan Kodomo Challenge, program edukasi untuk mendampingi orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.

Program ini menggunakan sistem berlangganan dengan paket yang dikirimkan ke rumah setiap bulan. Kodomo Challenge dirancang agar anak dan orang tua dapat belajar sambil bermain bersama menggunakan media multiplatform, yaitu Buku Bergambar, Mainan Edukasi, serta Video Edukasi.

Dengan pengalaman selama 60 tahun lebih mengembangkan pendidikan di Jepang, Benesse sangat memahami betapa pentingnya periode perkembangan anak usia dini yang akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa depan. Benesse bekerja sama dengan para ahIi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk menyusun program edukasi yang seimbang dan komprehensif sesuai dengan perkembangan anak Indonesia.

“Kodomo Challenge ingin mengampanyekan kepada orang tua untuk menikmati waktu berkualitas sambil membangun motivasi dan kepercayaan diri anak," ujar President Director PT Benesse Indonesia, Daisuke Okada.

Saat ini, Kodomo Challenge tersedia dalam dua pilihan program, Toddler (untuk anak usia 1—2 tahun) dan Playgroup (untuk anak usia 2—3 tahun). Metode pembelajaran yang disediakan oIeh Kodomo Challenge memiliki tiga keunggulan.

Pertama, menggunakan pendekatan multi-platform, dengan video, buku bergambar, dan mainan yang terintegrasi satu sama lain. Kedua, kurikulum dan materi yang sesuai dengan perkembangan usia anak. Ketiga, menghadirkan sosok learning buddy, Shimajiro.

Shimajiro adalah karakter edukatif nomor satu di Jepang yang berperan sebagai teman belajar anak. Sejak tahun lalu, karakter ini hadir di MNC Kids dalam bahasa Indonesia. Kartun yang populer pada 1993 di Negeri Sakura menampilkan karakter harimau kecil laki-laki pemberani. MNC Channels bekerjasama dengan PT Benesse Indonesia, untuk menayangkan kartun ini di MNC Kids.

Tayangan Shimajiro sarat nilai edukasi sehingga orang tua bisa tenang membiarkan anak menyaksikannya dan diharapkan karakter ini bisa dekat dengan anak dan menemani anak bermain. Shimajiro: A Wonderful Adventure tayang di Kids Channels di Indovision.

(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6406 seconds (0.1#10.140)