3 Ikan Tawar yang Punya Kandungan Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Favorit Masyarakat Indonesia

Senin, 22 Januari 2024 - 13:51 WIB
loading...
3 Ikan Tawar yang Punya Kandungan Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Favorit Masyarakat Indonesia
Terdapat beberapa jenis ikan air tawar yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Salah satunya bawal. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa jenis ikan air tawar yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Salah satunya jadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Kolesterol merupakan zat sejenis lemak yang diproduksi oleh organ hati. Berbentuk menyerupai lemak, kolesterol tidak bisa larut dalam air, sehingga mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Kondisi kolesterol tinggi pada seseorang dapat diakibatkan berbagai faktor. Salah satunya adalah asupan makanan sehari-hari.



Menurut laman Healthline, hampir semua jenis ikan mengandung kolesterol, termasuk yang hidup di air tawar. Akan tetapi, masing-masing di antaranya punya kadar yang berbeda-beda.

Lantas, ikan air tawar apa saja yang punya kandungan kolesterol tinggi? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

Ikan Air Tawar Tinggi Kolesterol

1. Bawal

Ikan bawal bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Tak perlu repot memasaknya sendiri, telah banyak tersedia warung makan atau restoran yang menyediakan menu ikan ini.

Sebagaimana ikan lain, bawal punya banyak kandungan bermanfaat seperti protein. Namun, perlu diketahui bahwa jenis ikan air tawar ini juga punya kandungan kolesterol.

Apabila dibandingkan dengan ikan lain, kandungan kolesterolnya terbilang lebih tinggi. Per 100 gram bawal diperkirakan mengandung 120 ml kolesterol.


2. Lele

Lele bisa dikatakan salah satu jenis ikan paling populer di Indonesia. Selain harganya murah, rasanya juga enak, terlebih jika disajikan dengan sambal dan nasi putih hangat.

Pada kandungannya, lele memiliki berbagai zat bermanfaat seperti protein, vitamin, hingga zat besi. Seperti bawal, ikan ini juga mengandung sejumlah kolesterol.

Selain itu, perlu diperhatikan juga cara pengolahan ikan lele. Jangan sampai kandungan gizi dan manfaatnya rusak apabila dimasak dengan cara yang buruk.

3. Belut

Belut juga termasuk jenis ikan air tawar yang disukai masyarakat Tanah Air. Ada banyak jenis olahan lezat yang bisa dibuat dengan ikan tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa belut juga punya kadar kolesterol cukup tinggi. Maka dari itu, konsumsinya dianjurkan untuk tidak terlalu sering, karena dapat memicu kenaikan kolesterol.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis ikan tawar yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)