Taiwan dan Indonesia Jajaki Kerja Sama di Bidang Medis dan Kesehatan

Rabu, 09 Mei 2018 - 22:30 WIB
Taiwan dan Indonesia Jajaki Kerja Sama di Bidang Medis dan Kesehatan
Taiwan dan Indonesia Jajaki Kerja Sama di Bidang Medis dan Kesehatan
A A A
JAKARTA - Sebagai upaya membantu mewujudkan Masyarakat Sehat ASEAN, Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia dan Indonesian Council on World Affairs (ICWA) bekerja sama menggelar seminar Kebijakan Baru ke Arah Selatan: Potensi Kerja Sama Taiwan dan Indonesia di Bidang Medis dan Kesehatan. Seminar ini digelar di Jakarta pada Rabu (9/5/2018).

Dalam seminar yang dihadiri sekitar 200 orang dari kalangan pengusaha, pejabat, akademisi dan media itu, terjadi tukar pendapat mengenai kebijakan kesehatan Indonesia saat ini dan kemungkinan kerja sama di masa depan. Kerja sama di bidang kesehatan antara Taiwan dan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, di mana “Kebijakan Baru ke Arah Selatan” Taiwan berjalan selaras dengan kebijakan Indonesia yang sedang mewujudkan Masyarakat Sehat ASEAN.

Indonesia adalah negara terdepan di Asia Tenggara. Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila D.F. Moeloek, Sp.M(K) berusaha untuk memajukan dan meningkatkan kualitas kesehatan, dengan membangun sistem pelayanan kesehatan nasional dan jaminan kesehatan nasional. Di bidang ini, Taiwan adalah salah satu negara terdepan di dunia dengan banyak kemampuan dan pengalaman, oleh sebab itu Taiwan dan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk saling bekerjasama dan saling melengkapi.

Dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Kepala Perwakilan TETO John C Chen mengemukakan, berdasarkan konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan adalah hak asasi dari setiap manusia yang pada dasarnya tidak melihat batas negara, dan tidak membedakan ras, agama, keyakinan politik, maupun kondisi ekonomi sosial. Taiwan terus berusaha dalam melakukan penelitian dan pencegahan terhadap penyakit menular dan penyakit epidemi, Taiwan adalah bagian penting dunia dalam pencegahan penyakit epidemi. Oleh sebab itu Taiwan berharap dapat bekerja sama dengan Indonesia dan negara ASEAN lainnya, dengan berbagi pengalaman dan teknologi, memberikan kontribusi bagi dunia medis dan kesehatan internasional.

Menurut Chen, meningkatkan kerja sama di bidang medis dan kesehatan adalah bagian penting dari Kebijakan Baru ke Arah Selatan. Taiwan sangat berpengalaman dalam asuransi kesehatan nasional, teknologi medis, dan teknik pencegahan penyakit epidemi.

Oleh karena itu potensi kerja sama bilateral antara Taiwan dan Indonesia memiliki prospek yang sangat cerah, menciptakan kondisi yang saling menguntungkan dan win-win solution bagi kedua negara. Harapan utama dari seminar ini adalah membuka hubungan kerja sama yang lebih erat antara Taiwan dan Indonesia, bersama-sama menciptakan pembangunan dan kemakmuran regional.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6538 seconds (0.1#10.140)