BPIP: Paskibraka Kader Pemimpin Masa Depan

Senin, 22 Januari 2024 - 18:59 WIB
loading...
BPIP: Paskibraka Kader Pemimpin Masa Depan
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina menegaskan bahwa membentuk Paskibraka bukan sekadar mengajarkan baris-berbaris. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina menegaskan bahwa membentuk Paskibraka bukan sekadar mengajarkan baris-berbaris. Lebih dari itu, kata dia, merupakan bagian dari pembentukan karakter kader-kader pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

Hal itu ditegaskannya saat membuka kegiatan Peningkatan Peran Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP) di Jakarta, Jumat (19/1/2024). Kegiatan yang digelar Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) itu diikuti puluhan putra putri terbaik bangsa Indonesia yang mewakili 34 provinsi di Indonesia.

“Selamat datang di Desa Bahagia, di mana pun tempatnya semangatnya Desa Bahagia, kalian harus saling menyemangati, kan sudah jadi satu keluarga, keluarga di rumah besar kita Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (22/1/2024).

Dia menekankan bahwa tidak sekadar melatih fisik dan otak saja dalam membangun pemimpin masa depan bangsa Indonesia. Lebih dari itu, perlu membangun integritas.

Purnapaskibraka diharapkan menjadi anak bangsa yang berintegritas. "Kita (melalui program Paskibraka) sedang membangun pemimpin masa depan Indonesia ke depan, tidak sekadar baris-berbaris,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, program Paskibraka bukan hanya merekrut dan mempersiapkan Paskibraka untuk bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus dan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Namun, kata dia, ada tujuh program yang harus dilaksanakan.

Dia menyebut desain besar penyelenggaraan Program Paskibaraka itu sebagai program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Kegiatan Peningkatan Peran Purnapaskibraka Duta Pancasila merupakan salah satu bagian dari program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila. Diharapkan, Paskibraka menjadi teladan dan pemimpin di lingkungan masyarakat.

“Proses rekrutmen yang begitu ketat, berjenjang, tujuannya untuk bisa menggerakkan semuanya di bidang masing-masing sebagai kontribusi kita untuk NKRI, itulah yang kita lakukan saat ini. Pemahaman sebagai hasil yang didapat dari pelatihan ini, bisa adik-adik bagikan, karena ilmu itu harus disebarkan,” kata Rima.

Semua daerah pada 2024 telah menganggarkan pelaksanaan peningkatan kapasitas Paskibraka di daerah. Purnapaskibraka diharapkan bisa memperkenalkan Paskibraka dimulai dari sekolah masing-masing, dan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)