Protein Nabati Bikin Wanita Terhindar Penyakit Kronis saat Lansia

Selasa, 23 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
Protein Nabati Bikin...
Wanita dengan pola makan kaya protein lebih sedikit terserang penyakit kronis di masa tua. Foto/ hearstapps
A A A
JAKARTA - Wanita dengan pola makan kaya protein – terutama dari sumber nabati – lebih sedikit terserang penyakit kronis dan menikmati penuaan yang lebih sehat secara keseluruhan. Hal ini berdasarkan peneliti yang terangkum dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Secara keseluruhan, wanita yang mengonsumsi lebih banyak protein nabati memiliki kemungkinan 46% lebih besar untuk menjadi sehat di usia lanjut.

Baca Juga: Ciri Orang Hampir Bunuh Diri, Begini Cara Mencegahnya

“Mengonsumsi protein di usia paruh baya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan yang baik di masa dewasa yang lebih tua,” kata pemimpin peneliti Andres Ardisson Korat, ilmuwan di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia Jean Mayer USDA di Universitas Tufts, Boston, dikutip upi.

“Kami juga menemukan bahwa sumber protein penting,” Ardisson Korat menambahkan dalam rilis berita universitas.

Mengonsumsi protein dari sumber nabati pada usia paruh baya, ditambah sedikit protein hewani, tampaknya bermanfaat bagi kesehatan yang baik dan kelangsungan hidup yang baik di usia yang lebih tua.

Pada penelitian ini, para peneliti menganalisis data yang dilaporkan sendiri dari lebih dari 48.000 wanita yang berpartisipasi dalam Nurses' Health Study yang berbasis di Harvard, yang diikuti oleh para profesional kesehatan wanita dari 1984 hingga 2016.

Para wanita yang mengikuti penelitian ini berusia antara 38 dan 59 tahun dan semuanya dianggap dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik pada awalnya.

Tim peneliti mengevaluasi survei yang melacak pola makan partisipan, dan kemudian membandingkan informasi tersebut dengan perkembangan penyakit kronis wanita secara keseluruhan atau hilangnya fungsi fisik atau kesehatan mental.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peneliti menemukan lebih sedikit penyakit jantung, kanker dan diabetes pada wanita yang memasukkan lebih banyak protein dalam makanan mereka dari sumber-sumber seperti buah-buahan, sayuran, roti, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan pasta.

Wanita yang mengonsumsi lebih banyak protein nabati juga mengalami lebih sedikit penurunan kesehatan kognitif dan mental, kata para peneliti.

Namun, wanita yang mengonsumsi lebih banyak protein hewani memiliki kemungkinan 6% lebih kecil untuk tetap sehat seiring bertambahnya usia, menurut data.

“Mereka yang mengonsumsi lebih banyak protein hewani cenderung memiliki lebih banyak penyakit kronis dan tidak berhasil memperoleh peningkatan fungsi fisik yang biasanya kita kaitkan dengan mengonsumsi protein,” kata Ardisson Korat.

Protein hewani sedikit terkait dengan keterbatasan fisik yang lebih sedikit pada usia lanjut, namun protein nabati memiliki hubungan yang lebih kuat dan lebih konsisten dengan kesehatan fisik dan mental yang berkelanjutan di kemudian hari, kata para peneliti.

Misalnya, konsumsi protein nabati yang lebih tinggi akan menurunkan kadar kolesterol LDL "jahat", tekanan darah, dan sensitivitas insulin - semuanya merupakan kabar baik bagi kesehatan jantung wanita.

Di sisi lain, lebih banyak asupan protein hewani dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari semua faktor risiko tersebut, kata para peneliti.

Manfaat protein nabati mungkin berasal dari komponen lain dalam makanan nabati dibandingkan proteinnya, catat para peneliti. Tumbuhan mengandung serat makanan, mikronutrien, dan senyawa bermanfaat yang lebih tinggi dibandingkan makanan hewani.

Baca Juga: Risiko Menurunkan Berat Badan untuk Kendalikan Diabetes, Salah Satunya Masalah Jantung

Secara keseluruhan, temuan tim mendukung rekomendasi bahwa perempuan mendapatkan sebagian besar protein mereka dari sumber nabati, dengan sedikit ikan dan protein hewani untuk zat besi dan vitamin B12.

“Asupan protein dari makanan, terutama protein nabati, pada usia paruh baya memainkan peran penting dalam mendorong penuaan yang sehat dan menjaga status kesehatan positif di usia lanjut,” kata Ardisson Korat.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Pijat Serentak untuk...
Pijat Serentak untuk Lansia Jadi Pengingat Pentingnya Perawatan Tubuh di Usia Senja
Hindari Risiko Jatuh,...
Hindari Risiko Jatuh, Lansia Justru Tetap Perlu Olahraga
Daging Kurban Ternyata...
Daging Kurban Ternyata Setara Whey Protein, Bisa Tingkatkan Massa Otot
Cedera Berat pada Lansia,...
Cedera Berat pada Lansia, Penanganan Tepat dan Cepat Kunci Keberhasilan Pengobatan
Disebut Superfood, Ini...
Disebut Superfood, Ini Kandungan dan Manfaat dan Biji Bunga Matahari untuk Tubuh
Semangat Ramadan, Program...
Semangat Ramadan, Program CSR Berbagi Santunan dan Buka Puasa Bersama Lansia
Mengubah Ledakan Populasi...
Mengubah Ledakan Populasi Lansia Indonesia Menjadi Kekuatan Emas: Menjemput Bonus Demografi Kedua
Bank Mandiri Taspen...
Bank Mandiri Taspen Dorong Pensiunan Tetap Produktif dan Sejahtera
Berbagi Kepedulian dan...
Berbagi Kepedulian dan Semangat Sehat di Hari Lansia Nasional
Rekomendasi
Iran Tegaskan Pengelolaan...
Iran Tegaskan Pengelolaan Selat Hormuz akan Disepakati Melalui Dialog Regional
Hidayat Batubara Daftar...
Hidayat Batubara Daftar Balon Ketua POBSI Sumut
Perkuat Penetrasi Pasar,...
Perkuat Penetrasi Pasar, EVO Group Perbarui Kemasan Life Cat dan Ori Cat
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
5 Bandara Tersibuk saat...
5 Bandara Tersibuk saat Mudik Lebaran 2026, Layani 4,41 Juta Penumpang
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved