7 Tips Merawat Rambut Bayi agar Bersih dan Sehat

Selasa, 23 Januari 2024 - 18:43 WIB
loading...
7 Tips Merawat Rambut Bayi agar Bersih dan Sehat
Inilah tips merawat rambut bayi agar bersih dan sehat. Rambut pun cepat tumbuh lebat dan hitam berkilau. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Inilah tips merawat rambut bayi agar bersih dan sehat. Rambut pun cepat tumbuh lebat dan hitam berkilau.

Pilih sabun dan shampo terbaik untuk si kecil. Pastikan pula sabun dan sampo yang dipilih aman dari zat kimia serta tidak bikin mata sakit.

Selain rutin membersihkan, Anda juga perlu menggunting rambut bayi secara berkala. Tujuannya agar rambut tumbuh rapi. Berikut tips merawat rambut bayi yang bisa Bunda lakukan di rumah.

1. Jaga Kebersihan Kulit Kepala Bayi

Bayi baru lahir umumnya memiliki kulit kepala yang kotor dan cenderung kering. Di sekitar kepala dan dahi akan terlihat kerak kepala seperti serpihan-serpihan ketombe. Kondisi kulit kepala bayi yang seperti itu disebabkan karena adanya pengaruh hormon dan akibat terkena berbagai cairan selama berada di dalam kandungan ibu.

Menjaga kulit kepala bayi tetap bersih penting untuk dilakukan agar rambut bayi dapat tumbuh dengan sehat dan lebat. Selain itu, ibu juga perlu menjaga agar kulit kepala bayi tidak terlalu kering maupun berminyak.

2. Pilih Sampo Bayi yang Tepat

Karena kulit kepala bayi masih sensitif, sebaiknya pilihlah sampo yang berbahan ringan dan tidak menyebabkan pedih di mata. Sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kemiri dan seledri, juga sangat baik dan bermanfaat untuk menyehatkan dan memperindah rambut bayi.

3. Gunakan Madu dan Minyak Zaitun

Selain lidah buaya, bahan alami lainnya yang juga baik untuk kesehatan rambut bayi adalah madu murni dan minyak zaitun. Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menumbuhkan rambut, sedangkan kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat menjaga kulit kepala bayi tetap sehat dan lembap. Balurkan campuran beberapa sendok madu dengan minyak zaitun ke rambut bayi hingga mengenai kulit kepalanya sambil memijatnya dengan lembut, lalu biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)