alexametrics

Nastar Keju Juarai Kompetisi Bisnis

loading...
Nastar Keju Juarai Kompetisi Bisnis
TIM Nastar Keju Universitas Indonesia terpilih sebagai pemenang Shopee Campus Competition (SCC) 2018. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - TIM Nastar Keju dari Universitas Indonesia terpilih sebagai pemenang Shopee Campus Competition (SCC) 2018. SCC adalah kompetisi bisnis tahunan yang diselenggarakan oleh ecommerce terbesar di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee.

Beranggotakan Nabila Alya Zahra Babila, Juan Siva, dan Maulana Ihsan Al Ghifari berhasil mengantarkan bisnis offline Tjhin Santy meningkat hingga 250%. Pemenang SCC ini mendapatkan hadiah total senilai Rp60 juta dan berkesempatan magang selama tiga bulan di Shopee.

"Kami sangat senang terpilih menjadi pemenang Shopee Campus Competition tahun ini. Dengan bantuan Shopee, kami dapat menganalisis kasus bisnis, memahami kebutuhan pasar, dan memberi solusi yang tepat bagi penjual untuk sukses berbisnis secara online," kata Nabila mewakili timnya.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo Septriana Tangkary, sekaligus juri SCC, menyambut baik kompetisi ini. Septriana melihat peluang digitalisasi bagi UKM binaan Kominfo yang belum teredukasi dengan baik.

"Kompetisi ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk terjun langsung dalam mengimplementasikan strategi bisnis untuk UKM binaan kami yang mayoritas belum terpapar dengan bisnis online . Kami berharap ilmu dan strategi yang didapatkan melalui SCC ini dapat terbukti dengan memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis UKM Indonesia ke depannya," kata Septriana.

SCC tahun ini merupakan ketiga kalinya diselenggarakan. Namun, pada tahun ini kompetisi ini memiliki sentuhan berbeda. Pesertanya ditantang menjadi konsultan bisnis untuk UKM di Indonesia. Di tahap ini, kelompok terpilih membantu mengembangkan bisnis mereka secara offline ke online. Dari 84 tim, hanya 10 tim yang berhak maju ke babak grand final.

"Program ini bertujuan memberikan eksposur bagi generasi muda Indonesia akan kewirausahaan pada usia muda, juga mendorong mereka mengembangkan pemikiran strategis dan kreatif untuk memecahkan masalah bisnis di dunia nyata," jelas CEO Shopee Chris Feng.

"Melalui program ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak lagi pemuda Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis online mereka sendiri pada masa depan dan menjadi pendorong utama industri e -commerce yang berkembang pesat di Indonesia," tambahnya.

Dimulai pada Maret lalu, SCC berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dalam penyelenggaraannya. Kemudian terpilih 10 tim yang maju ke babak grand final untuk menjadi konsultan bisnis UKM binaan dari kedua kementerian tersebut.

Kesepuluh tim terpilih masing-masing diberikan uang senilai Rp5 juta untuk mengimplementasikan strategi bisnis yang telah dibuat untuk mengembangkan bisnis UKM secara online. Kompetisi yang memakan waktu selama tiga bulan ini melalui beberapa tahapan seleksi dan boot camp yang diakhiri dengan presentasi final pada Sabtu, 5 Mei lalu.

zulfana khoirur rijal
(GEN SINDO UIN Syarif Hidayatullah)
(tdy)
preload video

BERITA TERKAIT

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak