4 Teknik Menggoreng Makanan Paling Populer, Lezat dan Hemat Minyak Goreng

Rabu, 24 Januari 2024 - 15:13 WIB
loading...
4 Teknik Menggoreng Makanan Paling Populer, Lezat dan Hemat Minyak Goreng
Selain resep dan bahan terbaik, diperlukan teknik menggoreng makanan yang benar agar masakan yang dihasilkan lezat dan nikmat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Selain resep dan bahan terbaik, diperlukan teknik menggoreng makanan yang benar agar masakan yang dihasilkan lezat dan nikmat.

Teknik menggoreng makanan yang benar tak hanya membuat cita rasa masakan jadi lebih lezat, tapi juga menghemat minyak goreng dan energi yang digunakan.

Nah, berikut ini empat teknik menggoreng yang paling populer di seluruh dunia.

Teknik Menggoreng Makanan

1. Deep Frying

Teknik menggoreng makanan berikutnya yaitu deep frying atau menggoreng sampai terendam. Jadi minyak goreng yang digunakan pada teknik ini dalam jumlah yang banyak, sampai makanan yang digoreng terendam di dalam minyak tersebut.

Kondisi makanan yang terendam sempurna di dalam minyak membuat masakan dapat matang secara merata. Teknik deep frying umumnya digunakan untuk memasak ayam goreng tepung atapun gorengan.


2. Shallow Frying

Shallow frying juga termasuk teknik menggoreng yang membutuhkan cukup banyak minyak, hanya saja minyak yang digunakan pada teknik menggoreng makanan ini tidak sebanyak layaknya deep frying. Minyak yang digunakan kurang lebih cukup sepertiga atau setengah dari tinggi bahan makanan saja.

Biasanya banyak yang menggunakan teknik menggoreng dangkal tersebut untuk memasak telur, ayam, dan ikan dalam porsi kecil. Tujuannya agar bahan makanan bisa matang secara lebih merata tanpa perlu repot untuk dibalik berkali-kali.

3. Pan Frying

Ketika menggunakan teknik pan frying, Anda hanya memerlukan sedikit minyak saja untuk melumasi wajan. Selain lebih sehat, menggoreng dengan teknik pan frying yang menggunakan sedikit minyak dapat membuat proses memasak jadi lebih hemat.

Namun, prinsip utama dalam menggoreng ala pan frying adalah perbandingan yang tepat antara jumlah minyak dengan bahan yang digoreng karena lebih difokuskan untuk memasak bahan makanan dengan ukuran yang besar seperti omelet, daging ayam, telur mata sapi, perkedel, steak, fillet ikan, hingga pancake.

Untuk melakukannya, tuangkan 1 sampai 2 sendok makan minyak goreng ke dalam wajan, lalu nyalakan api dan panaskan wajan selama 2-3 menit. Jika sudah, masukkan bahan masakan ke dalam wajan untuk digoreng.

4. Stir Frying

Stir frying atau menumis sering kali disamakan dengan teknik menggoreng sauteing. Akan tetapi, keduanya sebenarnya dua teknik menggoreng makanan yang berbeda.

Stir frying sendiri berasal dari China dengan metode menggoreng menggunakan minyak yang sedikit lebih banyak dari menumis biasa. Biasanya stir frying menggunakan wajan wok yang permukaannya sedikit cekung. Teknik seperti itu bisa dengan mudah anda temukan pada Chinese food yang mana panas untuk mematangkan masakan ditransfer dari cairan di dalamnya.

Itulah empat teknik menggoreng makanan sesuai menu yang diinginkan. Dapatkan peralatan memasak dan keperluan dapur lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 16:45 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3063 seconds (0.1#10.140)