alexametrics

Puasa Menjadi Momen untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

loading...
Puasa Menjadi Momen untuk Memulai Gaya Hidup Sehat
Datangnya bulan suci Ramadhan tak hanya dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah namun seharusnya juga menjadi momen untuk memulai gaya hidup sehat. (pritikin.com)
A+ A-
JAKARTA - Awal puasa atau 1 Ramadhan secara resmi telah ditetapkan pada Kamis (17/5/2018). Datangnya bulan suci Ramadhan tak hanya dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah namun juga menjadi momen untuk memulai gaya hidup sehat.

Misalnya, mengontrol atau menjaga asupan makanan dan minuman hingga berhenti kebiasaan buruk seperti merokok. Para ahli pun membenarkan bahwa saat puasa banyak orang menjalani hidup lebih sehat.

"Momen puasa ini istilah saya adalah momen move on. Move on dari apa saja. Kenapa saya bilang gitu karena kalau Anda puasa pada saat sahur sampai buka merokok atau nggak? Nggak kan? 14 Jam Anda bisa tidak merokok," ungkap dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Sementara untuk makanan, dr Ari menyarankan untuk tidak balas dendam saat berbuka puasa. Pasalnya, dengan mengontrol asupan makanan dan minuman, puasa terbukti dapat membantu menurunkan berat badan hingga menghindari penyakit diabetes dan lainnya.

"Pasti makannya nggak full. Karena nggak boleh ada istilahnya balas dendam buka itu untuk menggeser makan siang. Memang saat puasa kita mengurangi makan kita dari tiga (porsi) menjadi dua. Saya sendiri memang menganjurkan pasien-pasien hipertensi saya untuk berpuasa. Karena dengan berpuasa dia pasti makanannya akan dijaga dan dikurangi," kata dia.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak