alexametrics

Biar Puasa Tidak Lemas, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

loading...
Biar Puasa Tidak Lemas, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Puasa tidak membuat lemas, tapi puasa dapat membuat seseorang lebih produktif karena asupan makan berkurang sehingga proses pembakaran kalori akan lebih lama. (RD.com)
A+ A-
JAKARTA - Menjalankan ibadah puasa Ramadhan tidak tepat jika dianggap membuat tubuh menjadi lemas. Para ahli justru mengatakan bahwa puasa dapat membuat seseorang lebih produktif karena asupan makan berkurang sehingga proses pembakaran kalori akan lebih lama.

Sementara, agar puasa berjalan optimal tanpa merasakan lemas seharian, para ahli pun menyarankan untuk memperhatiakan asupan makanan saat sahur. Tak hanya memperhatikan asupan makanan, gaya hidup sehat dan tetap bergerak aktif juga sangat dianjurkan.

Berikut yang harus diperhatikan saat sahur agar tubuh tidak lemas seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Banyak konsumsi serat
Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat saat sahur dapat membantu Anda lebih berenergi dan kenyang lebih lama. Serat dapat mengikat air dan membuat kenyang lebih lama karena lambat diproses oleh tubuh, sehingga tidak cepat lapar. Selain sayur, makanan kaya serat juga terdapat pada gandum utuh, beras merah dan kacang-kacangan.



2. Cukupi asupan protein
Selain serat, pastikan juga Anda mencukupi kebutuhannya protein saat santap sahur. Protein dapat bekerja sebagai cadangan energi selama berpuasa. Protein bisa didapat dari ikan, ayam, telur dan tahu.

3. Batasi konsumsi garam
Terlalu banyak konsumsi tinggi garam saat sahur membuat tubuh cepat merasa haus dan lapar. Akibatnya, kondisi ini akan membuat puasa menjadi tidak berjalan maksimal lantaran cepat merasa haus dan lapar.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Dalam sehari, tubuh membutuhkan dua liter air atau 8 gelas sehari. Agar tetap terhidrasi, cukupi kebutuhan cairan Anda atau terapkan pola 242 dimana 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur. Ini akan menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh.

5. Olahraga
Menjalankan puasa bukan berati bermalas-malasan. Para ahli tetap menyarankan untuk bergerak aktif atau berolahraga sehingga tubuh tetap akan bugar selama menjalankan puasa. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan sehat, lari-lari kecil atau bersepeda setelah sahur atau setelah berbuka puasa.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak