alexametrics

Resep Takjil: Segarnya Es Lidah Buaya

loading...
Resep Takjil: Segarnya Es Lidah Buaya
Es Lidah Buaya menjadi menu yang tepat untuk berbuka puasa. Selain segar dan nikmat, cara membuatnya pun mudah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Berbuka puasa tak lengkap rasanya jika tidak konsumsi hidangan manis, seperti es lidah buaya. Rasanya yang manis dan segar membuat minuman ini cocok disantap sebagai takjil berbuka puasa.

Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung enzim, asam amino, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Namun, pastikan Anda mengolah lidah buaya dnegan tepat agar rasa pahit dan lendir dalam lidah buaya hilang. Dikutip Tastemade, berikut resep es lidah buaya untuk berbuka puasa.

Bahan - bahan:
500 gr lidah buaya
1 sdm kapur sirih
1 sdt garam
150 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
2 sdm sirup melon atau sirup hijau
1 sdm biji selasih, rendam dalam air panas
Air
Es batu

Cara membuat:
Bersihkan lidah buaya, kupas kulitnya lalu potong-potong bagian jeli. Cuci bersih lidah buaya yang telah di potong dengan air hingga lendir berkurang. Rendam potongan lidah buaya yang telah dicuci dalam air yang telah diberi kapur sirih dan garam selama kurang lebih 1 jam lalu bilas hingga bersih.

Panaskan air dalam panci, masukkan gula dan daun pandan. Didihkan dengan api kecil. Masukkan lidah buaya, masak selama 5 menit dengan api sedang. Angkat dan saring. Sisihkan.

Susun lidah buaya, es batu dan biji selasih. Tambahkan kuah rebusan dan es batu. Es lidah buaya siap disajikan.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak