Susu Kambing Lebih Sehat daripada Susu Sapi, Ini 5 Alasannya

Jum'at, 26 Januari 2024 - 08:35 WIB
loading...
Susu Kambing Lebih Sehat daripada Susu Sapi, Ini 5 Alasannya
Susu kambing tidak sepopuler susu sapi. Padahal, susu kambing lebih sehat. Foto/ times of india
A A A
JAKARTA - Susu kambing tidak sepopuler susu sapi . Masyarakat Indonesia pun banyak memilih mengonsumsi susu sapi dibanding susu kambing. Padahal, susu kambing lebih bernutrisi dari susu sapi.

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi susu kambing, selain mudah dicerna, juga cocok untuk yang sensitif terhadap laktosa.



Selain itu, susu kambing menjadi makanan dengan kandungan paling lengkap. Diketahui, susu kambing mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh.

Untuk mengetahui keunggulan susu kambing secara jelas, dikutip Times of India pada Jumat (26/1/2024), berikut ulasannya.

Manfaat susu kambing

1. Baik untuk pencernaan

Susu kambing memiliki kandungan lemak yang mirip dengan susu sapi, tetapi karena gumpalan lemak dalam susu kambing lebih kecil daripada susu sapi, lebih mudah dicerna.

Susu kambing menjadi dadih di perut Anda, namun dadih ini lebih lembut daripada dadih yang terbuat dari susu sapi. Dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki 10% dadih, susu kambing hanya mengandung 2% dadih yang membantu pencernaan tubuh dan menyebabkan iritasi lebih sedikit.

2. Memiliki efek anti-inflamasi

Asam lemak dan oligosakarida, dua zat bioaktif yang ditemukan dalam susu kambing, mungkin memiliki efek anti-inflamasi. Zat-zat ini dapat membantu menurunkan peradangan tubuh dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh secara umum.

3. Pilihan untuk laktosa intoleran

Namun, susu kambing memiliki sekitar 12% lebih sedikit laktosa per cangkir daripada susu sapi, dan bahkan lebih sedikit laktosa ketika dikultur menjadi yogurt. Oleh karena itu, produk susu susu kambing mungkin kurang mengiritasi sistem pencernaan daripada susu sapi bagi mereka yang memiliki sensitivitas laktosa sedang.

4. Lebih banyak probiotik

Cara lain susu kambing mengalahkan susu sapi adalah mengandung lebih banyak karbohidrat "prebiotik" yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam flora usus. Gula ini disebut sebagai oligosakarida. Karbohidrat ini, yang merupakan jenis yang sama yang ditemukan dalam ASI manusia, adalah apa yang menjaga bakteri "baik" dalam sistem pencernaan bayi tetap sehat.


5. Menyerap mineral lebih efektif

Susu kambing mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium yang dianggap lebih tersedia secara hayati daripada yang ditemukan dalam susu sapi. Ini meningkatkan kesehatan tulang dan penyerapan nutrisi secara keseluruhan dengan memungkinkan tubuh untuk menyerap dan menggunakan mineral ini secara lebih efektif.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)