Stok Darah PMI Menurun, Relawan Siaga Ajak Warga Donor Darah

Rabu, 12 Agustus 2020 - 10:06 WIB
loading...
Stok Darah PMI Menurun, Relawan Siaga Ajak Warga Donor Darah
Bantu PMI di Tengah Pandemi, Relawan Siaga Ajak Warga Donor Darah/Relawan Siaga
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia ( PMI ) menurun karena berkurangnya jumlah pendonor yang menyumbangkan darahnya. Padahal, kebutuhan darah tersebut sangat tinggi untuk terapi penyakit para pasien penderita thalasemia, demam berdarah, operasi saat melahirkan, dan kecelakaan.

Penurunan jumlah pendonor tersebut salah satunya disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat untuk mendatangi PMI dan melakukan donor darah. Padahal, PMI telah menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pemeriksaan suhu para calon donor, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga melakukan disinfeksi berkala.

Menyikapi kondisi tersebut, Pembina Relawan Siaga, Sandiaga Uno, mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah dalam acara bertema “Buktikan Merah Putihmu dengan Menyumbangkan Darah Merahmu” yang diadakan di kantor PMI Provinsi DKI Jakarta.

''Buktikan Merah Putihmu dengan menyumbangkan darah merahmu. Saya beserta Relawan Siaga sangat menantikan kehadiran teman-teman, para pejuang-pejuang, pahlawan masa kini, untuk berdonasi darah. Sumbangkan darahmu untuk teman-teman (yang membutuhkan). Mohon hadir di PMI Provinsi DKI Jakarta mulai Senin sampai Minggu, 10-16 Agustus 2020 untuk donor darah . Ayo bantu PMI,” kata Sandi di kantor PMI Provinsi DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2020).

Sebelum menyumbangkan darahnya, Sandi dan Tim Relawan Siaga bersepeda dari markas Relawan Siaga di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, menuju kantor PMI Provinsi DKI Jakarta yang berada di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Stok Darah PMI Menurun, Relawan Siaga Ajak Warga Donor Darah


Rombongan bersepeda yang beranggotakan Sandiaga Uno (Pembina), Letjen (Purn) Agus Sutomo (Ketua Umum), Mayjen (Purn) Gadang Pambudi (Ketua Harian), HMBC Rikrik Rizkiyana (Sekjend), Wandi Yulius (Bendahara Umum), Aresdi Mahdi Asyathry (Kabid Komunikasi/Ketua Acara), dan Jeje Nurjaman (Kabid Kerjasama/ Wakil Ketua Acara) berangkat dari markas pada pukul 06.30 WIB dan dilepas oleh Ketua Umum Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo. Acara tersebut sebelumnya didahului dengan pelepasan 17 ekor burung merpati.

Selain menyumbangkan darahnya, Sandi beserta Tim Relawan Siaga juga mendapat penghargaan Anugerah Relawan Kehormatan dari Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi. Pada saat sama, Sandi juga melelang sepeda Brompton untuk kemudian disumbangkan kepada PMI sebagai bentuk dukungan terhadap organisasi kemanusiaan tersebut.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)