Ini Penyebab Gangguan Pencernaan Saat Puasa di Minggu Pertama

Senin, 21 Mei 2018 - 11:12 WIB
Ini Penyebab Gangguan Pencernaan Saat Puasa di Minggu Pertama
Ini Penyebab Gangguan Pencernaan Saat Puasa di Minggu Pertama
A A A
JAKARTA - Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan banyak orang di minggu pertama puasa Ramdhan. Kondisi ini dikarenakan kebiasaan makan sahur dan berbuka puasa yang tak sehat atau tidak tepat.

"Pasien yang datang ke saya banyak mengeluh mengalami problem pencernaan seperti diare dan sakit perut," kata Dr dr Ari fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Kebiasaan makan yang salah, kata Dr Ari, seperti mengkonsumsi makanan berbuka yang terlalu pedas dan banyak, tanpa disadari kebiasaan ini menyebabkan gangguan pencernaan atau diare sehingga puasa tidak berjalan lancar.

"Jadi, saat malam atau pagi harinya justru mengalami diare. Masyarakat punya penyakit maag makan mi instan saat sahur, jam 10-11 pagi perutnya kembung memicu mual, muntah, puasa jadi batal," jelasnya.

Demi kesehatan, dr Ari menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa dan tidak balas dendam saat berbuka dengan makanan dan minuman yang berlebih. Selanjutnya, istirahat dan salat, kemudian bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang berat.

Sementara untuk sahur, disarankan tidak mengkonsumsi makanan berlemak, seperti cokelat atau keju. "Sebaiknya sahur pilih makanan tinggi serat dan protein agar kenyang lebih lama," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5888 seconds (0.1#10.140)