5 Olahraga yang Bikin Awet Muda, Perlambat Penuaan

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:16 WIB
loading...
5 Olahraga yang Bikin Awet Muda, Perlambat Penuaan
Ada beberapa jenis olahraga yang telah lama dipercaya dapat menjaga penampilan hingga membuat Anda terlihat lebih muda. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terlihat awet muda merupakan impian hampir setiap orang. Tak heran, berbagai cara dilakukan, termasuk mengeluarkan biaya untuk menjalani beragam perawatan.

Padahal, ada cara yang lebih mudah untuk dilakukan agar mendapatkan kulit awet muda, salah satunya dengan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang telah lama dipercaya dapat menjaga penampilan hingga membuat Anda terlihat lebih muda.

Apa saja itu? Berikut di antaranya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (28/1/2024).


1. Yoga

Banyak orang belum tahu bahwa yoga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel dalam tubuh. Sistem pernapasan juga menjadi lebih maksimal karena paru-paru menampung lebih banyak oksigen.

Pose-pose yang dilakukan dapat meningkatkan aliran darah ke wajah dan memenuhi kebutuhan nutrisi serta oksigen bagi kulit wajah. Sehingga olahraga ini dapat membantu mengurangi risiko penuaan dini dan menjaga kulit awet muda.

2. Aerobik

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care menunjukkan manfaat olahraga aerobik rutin. Penelitian itu menyebutkan bahwa olahraga aerobik selama 150 menit per minggu dapat menjaga kesehatan jantung dan metabolisme tubuh. Dengan begitu, Anda akan merasa bugar dan lebih muda.

Berbagai jenis olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan agar tetap awet muda di antaranya senam, berenang, bersepeda, jalan santai, dan berlari.

3. Tai Chi

Tai chi adalah latihan lembut yang dikatakan dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan perhatian. Sering disebut sebagai meditasi bergerak, tai chi melibatkan gerakan yang lambat dan disengaja serta pernapasan yang terkontrol. Ini adalah olahraga berdampak rendah yang cocok untuk orang-orang dari semua tingkat kebugaran dan usia.


4. Latihan Ketahanan

Seiring bertambahnya usia, menjaga otot tetap kuat demi kesehatan secara keseluruhan menjadi semakin penting. Aktivitas seperti angkat beban dan olahraga berat badan membantu mencegah hilangnya otot serta meningkatkan kepadatan tulang.

Latihan-latihan ini memicu pelepasan hormon pertumbuhan, yang penting untuk memperbaiki dan memelihara otot. Memiliki lebih banyak otot juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu mengendalikan berat badan, dan menurunkan risiko kondisi seperti diabetes.

Memasukkan latihan ketahanan dalam rutinitas Anda tidak hanya mengencangkan tubuh tetapi juga berperan besar dalam memperlambat proses penuaan.

5. Dance Fitness

Bagi Anda yang senang olahraga didampingi musik nan seru, bisa banget cobain zumba atau aerobik! Dance fitness merupakan jenis olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, membakar kalori, dan juga meminimalisir risiko kanker.

Dengan gerakan enerjik yang diiringi lagu ramai, menjadikan olahraga ini dipilih banyak orang karena seru dan menyenangkan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)