Ganjar Pranowo Puji Tradisi Pela Gendong Maluku, Junjung Tinggi Persatuan

Senin, 29 Januari 2024 - 20:10 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Puji Tradisi Pela Gendong Maluku, Junjung Tinggi Persatuan
Ganjar Pranowo mendatangi Hajatan Rakyat di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Dia memuji tradisi Pela Gendong. Foto/ mpi
A A A
MALUKU - Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menghadiri Hajatan Rakyat di seluruh Indonesia. Kali ini, Ganjar mendatangi Hajatan Rakyat di Jl. Pattimura No.1, Uritetu, Kec. Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (29/1/2024).

Dalam momen yang penuh kehangatan, Ganjar mengucapkan 'I love you Maluku' sebagai bentuk cintanya kepada Maluku dan masyarakatnya. Ganjar bahagia melihat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat.



Ungkapan cinta itu dibalas dengan tak kalah hebohnya. Warga setempat langsung meneriakkan 'We love you Pak Ganjar'.

"I love you Maluku," ucap Ganjar kepada puluhan ribu orang yang hadir di acara tersebut.

"We love you Pak Ganjar," teriak masyarakat.

Ganjar terkesan dengan tradisi Pela Gendong. Ganjar mengakui belajar banyak dari kearifan lokal masyarakat Ambon, mulai dari budaya hingga tata krama yang selalu mengedepankan persatuan.

"Saya belajar betul masyarakat disini sangat taat mengikuti budaya, tata krama dari kekerabatan yang ada, itu di contoh tidak hanya di Indonesia, tapi dunia," kata Ganjar.

Ganjar merasa tradisi yang menjunjung tinggi persatuan dan merepresentasikan keindahan hidup ditengah keberagaman itu menjadi ciri khas warga Ambon. Hingga membuat siapapun betah berlama-lama berada di sana.



"Tradisi hormat-menghormati seperti Pela Gendong itu membikin kami iri, tetapa indahnya hidup di negeri ini, maka tidak salah kalau disebut Maluku, Ambon ini, manis semuanya," tutur Ganjar.

Tradisi itu pun sejalan dengan semangat untuk menggaungkan pesan damai dalam Pilpres 2024 ini. Ganjar menekankan perlunya saling menghormati meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)