7 Pemain Timnas Indonesia Terancam Tak Diizinkan Klub Main di Piala Asia U-23 2024

Selasa, 30 Januari 2024 - 21:04 WIB
loading...
7 Pemain Timnas Indonesia Terancam Tak Diizinkan Klub Main di Piala Asia U-23 2024
Timnas Indonesia U-23 akan berjuang di ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Turnamen ini dijadwalkan bergulir pada April 2024 mendatang / Foto: Kolase
A A A
Timnas Indonesia U-23 akan berjuang di ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Turnamen ini dijadwalkan bergulir pada April 2024 mendatang.

Pada Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia berada di Grup A. Lawan-lawan yang nantinya bakal dihadapi adalah Qatar, Australia, dan Yordania.

Menatap laga-laga berat yang sudah di depan mata, persiapan Shin Tae-yong mungkin akan dihadapkan pada beberapa masalah, termasuk urusan pemanggilan pemain. Sebagaimana diketahui, Piala Asia U-23 2024 tidak masuk kalender FIFA, sehingga ada kemungkinan sejumlah pemain tidak akan dilepas oleh klubnya. Lantas, siapa sajakah mereka?


Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Absen di Piala Asia U-23 2024

1. Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers

Pada akhir 2023 lalu, Hubner sempat masuk skuad senior Wolves yang bermain di Premier League. Kendati belum mendapat kesempatan bermain, hal tersebut menjadi angin segar bagi masa depan pemain berusia 20 tahun ini.

Sepanjang awal tahun 2024 ini, Hubner telah menghabiskan fokusnya untuk timnas Indonesia yang sempat berlaga di Piala Asia 2023. Setelah skuad Garuda gugur di fase 16 besar, ia kemungkinan bakal langsung pulang ke klubnya.

Kemungkinan besar, Shin Tae-yong bakal kembali memanggil Hubner untuk membela timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Namun, ia belum tentu mendapat izin dari Wolves karena agenda tersebut tidak masuk kalender FIFA.

2. Elkan Baggott - Ipswich Town

Saat ini, Elkan masih tercatat sebagai bagian dari Ipswich Town. Ia sudah tampil beberapa kali di ajang Carabao Cup dan mencetak 1 gol.

Meski belum mendapat kesempatan bermain di Championship (kasta kedua Liga Inggris), namun Elkan juga belum pasti diizinkan bergabung ke timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti ajang Piala Asia U-23 2024. Terlebih, ada kabar yang menyebutkan bek jangkung ini bakal dipinjamkan ke klub lain.

3. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

Marselino selalu menjadi pilihan utama bagi Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Sejalan dengan peran pentingnya dalam tim, keberadaannya akan sangat diandalkan timnas Indonesia U-23 yang segera berlaga di Piala Asia U-23 2024.

Namun, penampilannya di Piala Asia U-23 2024 juga belum bisa dipastikan. Agar bisa membela Garuda Muda, Marselino wajib mendapat izin terlebih dahulu dari KMSK Deinze.

4. Ivar Jenner - Utrecht

Berikutnya ada Ivar Jenner. Pada level klub, ia membela Utrecht U-21 yang berkompetisi di Liga 2 Belanda.

Beberapa kali, Ivar juga diketahui sempat masuk skuad utama Utrecht yang bermain di Eredivisie. Hanya saja, ia memang belum mendapat kesempatan dan baru menjadi pemanas bangku cadangan.

5. Rafael Struick - Ado Den Haag

Pada Piala Asia 2023 lalu, Rafael Struick menjadi andalan timnas Indonesia di sektor penyerangan. Hal ini kemungkinan bakal berlanjut pada Piala Asia U-23 2024 mendatang.

Kendati begitu, Rafael juga harus mendapat izin dari Ado Den Haag agar bisa kembali membela timnas Indonesia.

6. Pratama Arhan - Suwon FC

Pratama Arhan baru saja bergabung dengan Suwon FC yang bermain di K-League 1, kasta teratas sepak bola Korea Selatan. Kompetisi untuk musim 2024 akan mulai bergulir pada Maret mendatang.

Keberadaan Arhan dalam skuad timnas Indonesia U-23 tentu belum bisa dipastikan. Mengingat event Piala Asia U-23 2024 yang bergulir April, persiapannya mungkin akan bentrok dengan jadwalnya di Liga Korea bersama Suwon.

7. Rizki Ridho - Persija Jakarta

Berikutnya ada nama Rizki Ridho. Pada level klub, ia diketahui menjadi bagian dari Persija Jakarta.

Melihat ke belakang, pelatih Macan Kemayoran, Thomas Doll, menjadi salah satu sosok yang kerap mengkritik aksi pemanggilan pemain dan pemusatan latihan (TC) jangka panjang Shin Tae-yong. Ia bahkan pernah memilih tak melepas Rizki Ridho yang waktu itu dipanggil untuk Piala AFF U-23.

Itulah beberapa nama pemain timnas Indonesia yang terancam tak mendapat izin klub untuk main di Piala Asia U-23 2024.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)