Ini Efek jika si Kecil Kurang Minum, Awas Dehidrasi

Selasa, 30 Januari 2024 - 21:05 WIB
loading...
Ini Efek jika si Kecil Kurang Minum, Awas Dehidrasi
Air memiliki peran penting bagi tubuh. Bila kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi. Foto/ culligan
A A A
JAKARTA - Air memiliki peran penting bagi tubuh. Bila kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi .

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih mudah mengalami dehidrasi . Untuk mencegah dehidrasi, maka penting untuk mencukupi kebutuhan cairan harian anak. Lantas, berapa kebutuhan air minum yang ideal untuk si kecil?



Kebutuhan cairan pada anak berbeda-beda sesuai dengan usia. Dokter spesialis anak, dr Tiwi, Sp.A, MARS mengatakan kebutuhan air bagi anak-anak di bawah 6 bulan tidak terlalu diperlukan selama masih mengkonsumsi ASI karena ASI mengandung 85 persen air.

“Setelah 6 bulan sampai 12 bulan, air mulai ada perannya. Air mulai dikenalkan tapi bukan yang utama, tetap jika bayinya masih 6 bulan sampai 12 bulan range cairan yang dibutuhkan hanya 60ml dalam satu hari,” ucap dr Tiwi dalam Press Conference Cleo BA Announcement, baru-baru ini.

Dokter Tiwi menjelaskan untuk anak di atas usia 12 bulan kebutuhan air lebih meningkat, tapi tetap tidak terlalu banyak yaitu hanya 200-400ml per hari.

Di atas 2 hingga 4 tahun lebih meningkat lagi dan air memegang peranan karena menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Selain itu, bayi dibawah 12 bulan saat dia makan jangan terlalu diberi banyak minum karena jika dia akan susah makan nantinya,” jelas dr Tiwi.

Tubuh manusia sendiri mengandung banyak cairan, jika kekurangan cairan, khususnya bagi anak-anak, biasanya suhu tubuh akan naik.

“Seringkali kita lihat bayi atau anak baru bangun tidur seperti agak hangat badannya karena sepanjang malam tidur dan cairannya terbatas. Setelah beraktivitas tentu saja harus disesuaikan, misalnya anak 5 tahun beratnya 20kg mainnya sepak bola mungkin kebutuhan cairannya lebih banyak lagi,” tutur dr Tiwi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)